Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjadi Guru yang Kreatif dalam Proses Pembelajaran, Bagaimana Caranya?

12 Februari 2024   19:00 Diperbarui: 12 Februari 2024   19:02 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://ejogja.id/bagi-guru-kreatif-itu-harus)

Sebagai seorang guru, keharusan untuk selalu mau belajar merupakan landasan yang sangat penting. Dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, penelitian, dan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki sikap terbuka terhadap pengetahuan baru dan selalu siap untuk mengembangkan keterampilan serta pemahaman mereka.

Mau belajar sebagai seorang guru bukan hanya sekadar tugas, melainkan sebuah tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik kepada para siswa. Dengan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pengajaran, guru dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan relevan bagi siswa mereka. Keinginan untuk terus belajar juga mencerminkan semangat dan dedikasi terhadap profesi, menunjukkan bahwa seorang guru tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga seorang pembelajar sepanjang hayat.

Keharusan untuk menjadi guru yang mau belajar juga mencakup kemampuan untuk mengikuti perkembangan kurikulum, strategi pengajaran inovatif, dan metode evaluasi yang efektif. Guru perlu mengenali bahwa setiap generasi siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, dan oleh karena itu, mereka harus senantiasa mencari cara baru untuk menyampaikan materi pelajaran agar dapat menjangkau dan memahami kebutuhan individual setiap siswa.

Selain itu, guru yang mau belajar juga dapat menjadi contoh yang baik bagi siswa. Dengan menunjukkan semangat untuk belajar, guru menginspirasi dan mendorong siswa untuk mengembangkan sikap yang sama terhadap pendidikan. Dengan demikian, keharusan untuk menjadi guru yang mau belajar bukan hanya untuk kepentingan pribadi guru, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan memotivasi bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.

1. Tuntutan menjadi guru yang kreatif dalam proses pembelajaran

(https://terasmedia.net/pengaruh-guru-kreatif-dan-inovatif-terhadap-minat-belajar-siswa)
(https://terasmedia.net/pengaruh-guru-kreatif-dan-inovatif-terhadap-minat-belajar-siswa)
Tuntutan terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran menjadi semakin penting seiring dengan perubahan dinamika pendidikan dan perkembangan teknologi. Guru yang kreatif memiliki peran sentral dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna bagi siswa. Dalam menghadapi tantangan perkembangan dunia modern, guru tidak hanya diharapkan untuk mentransfer pengetahuan secara konvensional, tetapi juga untuk menggugah kreativitas siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis.
Kreativitas guru mencakup kemampuan untuk menyajikan materi pelajaran dengan cara yang inovatif, memanfaatkan berbagai sumber daya seperti teknologi, seni, atau permainan edukatif. Dengan mengintegrasikan elemen kreatif dalam proses pembelajaran, guru dapat memotivasi siswa untuk aktif terlibat dan mengembangkan minat mereka terhadap materi pelajaran. Selain itu, kreativitas guru dapat merangsang imajinasi dan keterampilan problem-solving siswa, membantu mereka menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan adaptif.

Tuntutan untuk guru yang kreatif juga mencerminkan kebutuhan untuk menyesuaikan pengajaran dengan gaya belajar siswa yang beragam. Setiap siswa memiliki keunikan dalam cara mereka memahami dan menyerap informasi. Oleh karena itu, guru yang kreatif mampu menyesuaikan pendekatan pembelajaran mereka agar sesuai dengan kebutuhan individual siswa, menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan memotivasi.

Dengan mengintegrasikan kreativitas dalam pembelajaran, guru tidak hanya menjalankan tugas mengajar, tetapi juga menjadi fasilitator pembelajaran yang menginspirasi. Guru yang kreatif dapat membantu menciptakan generasi siswa yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan kreatif dan inovatif yang diperlukan dalam menghadapi tantangan masa depan.

Lalu apa kiat-kiat yang bisa kita lakukan agar dalam mengajar kita dapat terus berinovasi, berkreasi dan terus kratif dalam penyajian konten pembelaran ?

Menjadi guru yang selalu kreatif dalam proses pembelajaran melibatkan beberapa langkah dan pendekatan tertentu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda menjadi guru yang selalu kreatif:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun