Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Masih Sering Insomnia? Yuk Kenali Sebabnya!

11 Februari 2024   12:00 Diperbarui: 11 Februari 2024   12:05 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Kualitas istirahat yang baik merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kesejahteraan seseorang. Istirahat bukan hanya sekadar tidur, tetapi juga mencakup kualitas tidur, waktu istirahat, dan lingkungan tidur. Kualitas tidur yang baik melibatkan aspek-aspek seperti durasi tidur yang memadai, kedalaman tidur, dan siklus tidur yang teratur. 

Selain itu, waktu istirahat yang cukup memberikan kesempatan bagi tubuh dan otak untuk pulih dari kelelahan fisik dan mental yang mungkin dialami selama aktivitas sehari-hari.

Lingkungan tidur yang tenang dan nyaman juga berperan penting dalam menciptakan kualitas istirahat yang baik. Tempat tidur yang bersih, bantal dan selimut yang nyaman, serta pencahayaan yang redup dapat menciptakan kondisi optimal untuk istirahat yang mendalam. Selain itu, menjaga kebersihan dan keheningan lingkungan sekitar juga dapat meningkatkan kualitas istirahat.

Kualitas istirahat yang baik berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki mood, dan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas. Sebaliknya, kurangnya istirahat atau tidur yang buruk dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, peningkatan risiko penyakit kronis, dan gangguan mental.

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami arti pentingnya kualitas istirahat yang baik dan berusaha menciptakan kebiasaan tidur yang sehat untuk mendukung kesejahteraan secara keseluruhan.


Pentingnya menjaga kualitas tidur malam tidak dapat diabaikan dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita. Tidur malam yang berkualitas bukan hanya sekadar kebutuhan fisik, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental dan emosional. 

Selama tidur malam, tubuh kita melakukan berbagai proses regeneratif, seperti pemulihan sel-sel dan konsolidasi memori. Kualitas tidur yang baik juga memainkan peran kunci dalam menjaga keseimbangan hormon, terutama hormon stres dan metabolisme.

Tidur malam yang cukup dan berkualitas juga mendukung fungsi kognitif dan daya tahan tubuh. Orang yang mendapatkan tidur yang cukup cenderung memiliki konsentrasi yang lebih baik, respons yang lebih cepat, dan kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi. Selain itu, tidur malam yang baik dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan gangguan kesehatan lainnya.

Lantas, bagaimana dengan mereka pengidap insomnia? Apa penyebabnya?


Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai oleh kesulitan memulai tidur, menjaga tidur, atau bangun terlalu awal dan tidak dapat tidur kembali. Beberapa penyebab umum insomnia melibatkan faktor-faktor fisik, psikologis, atau gaya hidup. Beberapa penyebab umum insomnia melibatkan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun