Mohon tunggu...
Ardi Atmaja
Ardi Atmaja Mohon Tunggu... KKN DR 109

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peran Digitalisasi Perbankan di Saat Covid-19

15 Agustus 2020   01:13 Diperbarui: 15 Agustus 2020   01:02 29 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia menjadi salah satu yang terkena dampak  dari pandemic virus corona atau  covid-19, yang muncul pada bulan maret 2020, dengan demikian munculnya wabah virus covid-19 pemerintah mengelurakan terobosan-terobosan untuk meminimalisirkan wabah tersebut agar tidak berkelanjutan, kemudian pemerintah mengambil langkah kebijakan untuk menekan laju penuluaran covid-19 dengan menerapakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan kebijakan ini masyarakat dituntut harus berada di dalam rumah dan menghindari kerumunan agar terhindar dari wabah covid-19. Dengan penerapanya PSBB ini banyak karyawan dan para pekerja harus melakukan pekerjaan nya dari rumah dan tentunya menggunkan system informasi dan juga digitalisasi yang terus diciptakan oleh mereka.
Dengan munculnya wabah covid-19 ini mengakibatkan banyaknya perusahaan-perusahaann menciptakan inovasi di dalam perusahaan nya agar kegiatan di dalam perusahaan nya terus berjalan dengan lancar walaupun dilanda wabah covid-19. Salah satunya Di sector perbankan, perbankan merupakan perusahaan yang sangat berpengaruh di bidang ekonomi, karena perbankan merupakan sebagai penghimpun dan penyalur dana masyrakat yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
Dengan demikian pihak perbankan terus menerus mengembangkan atau menciptakan berbagai digitalisasi disaat wabah covid-19 ini yang bertujuan agar dapat memudahkan masyarakat mengakses segala keperluan mereka dan kebutuhan dalam dunia perbankan.
Sebagai contoh dengan adanya media aplikasi yang diciptakan oleh perbankan seperti Bank Syariah memiliki aplikasi Mobile Bankingnya yang disebut "BRIS ONLINE" yang berisikan fitur Transfer, Investasi, Pembelian, Tagihan/pembayara, dan Top up dengan adanya aplikasi perbankan Ini memudahkan nasabah mengakses segala keperluan mereka terkait dalam hal menyalurkan dan menghimpunkan dananya tanpa perlu langsung ke bank, dan tentunya dapat  mengurangi penyebaran wabah virus covid-19 di Indonesia ini.
Dalam hal ini digitalisasi perbankan sangat berperan di saat covid-19 ini bukan hanya  mengurangi dari penularan wabah covid-19 saja  tetapi juga memudahkan nasabah perbankan mengakses segala jenis kebutuhan mereka yang berkaitan dengan perbakan dan juga kebutuhan sehari-hari mereka.

VIDEO PILIHAN