Mohon tunggu...
Ardian Kusuma
Ardian Kusuma Mohon Tunggu...

Travel blogger yang aktif menulis di www.ardiankusuma.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pesona Mandiri Jogja Marathon 2018

21 April 2018   15:01 Diperbarui: 21 April 2018   15:15 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pesona Mandiri Jogja Marathon 2018
Pesona Mandiri Jogja Marathon 2018 (Dokumentasi Pribadi)

Semburat mentari malu-malu menampakan dirinya di ufuk timur Candi Plaosan. Di Candi peninggalan kebudayaan Hindu masa lampau ini saya menggenggam erat kamera saya, menunggu datangnya pelari Mandiri Jogja Marathon 2018 yang pada hari Minggu, 15 April 2018 berlangsung. 

Marathon kelas internasional ini diikuti oleh hampir 8000 lebih peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Mandiri Jogja Marathon 2018 dibagi menjadi 4 (empat) kategori lari, 5K, 10K, Half Marathon (21K) dan Full Marathon (42K). Di Candi Plaosan ini, saya mendapatkan foto betapa mempesonanya Mandiri Jogja Marathon 2018.

Sebelum itu...

Pukul 2.30 pagi saya dibangunkan oleh alarm. Saya memang sengaja mengatur alarm begitu pagi. Agar tidak terlambat menuju Candi Prambanan, venue Mandiri Jogja Marathon 2018 yang jarak dari rumah kesana hampir sejam perjalanan. 

Karena di dapuk menjadi perwakilan Media Kompasiana. Saya harus sampai di venue acara tersebut maksimal pukul 3.30 pagi. Ini rekor bagi saya. Hujan lumayan deras sempat menemani saya di perjalanan, untung saja intesitas hujan semakin mereda.

Di tenda Media, saya dan beberapa teman Kompasiana lain melakukan briefing apa saja yang wajib kami lakukan. Pada intinya, tugas utama kami adalah menangkap momen Mandiri Jogja Marathon 2018. Hal yang susah-susah gampang sebenarnya. 

Karena bagi saya menangkap momen yang kemudian di visualkan menjadi teks dan gambar membutuhkan kreativitas serta keberuntungan. Kita sebagai media harus bisa hadir di waktu dan tempat yang tepat.

Hal pertama yang saya lakukan adalah bergegas menuju titik start yang berada di halaman komplek Ramayana Ballet atau sisi barat Candi Prambanan. Walaupun masih pagi, saya ngos-ngosan menuju titik start ini. Jaraknya ternyata lumayan jauh. 

Kemungkinan memang sengaja karena kalau pelari mungkin sudah terbiasa. Untuk saja pelepasan start kategori Full Marathon sedikit mundur. Saya masih bisa mengambil posisi untuk mengambil gambar mereka di titik start.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3