Mohon tunggu...
Ardiana ZakiyatunNisa
Ardiana ZakiyatunNisa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Bangun dengan tekad, tidur dengan puas.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Langkah Menjadi Wirausahawan

29 September 2022   17:35 Diperbarui: 29 September 2022   18:08 74 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Berwirausaha memang tidak selalu mudah, namun ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi wirausahawan.

1. Kamu punya kemauan.

intinya dalam berwirausaha kita harus mempunyai rasa kemauan, memang dalam berwirausaha kita harus memulai dari yang sederhana jika kita tidak mempunyai modal yang besar. Terkadang orang beranggapan bahwa wirausaha adalah orang yang sudah mapan dan mempunyai banyak dana untuk menjalankan usahanya. namun tidak selalu demikian, dunia wirausaha saat ini bukan hanya dunia bagi orang-orang yang sudah mapan dan mempunyai modal yang banyak, berwirausaha saat ini bisa dilakukan oleh orang kecil dan mahasiswa juga bisa.

Misal kita masih mahasiswa yang bisa dikatakan kurangnya modal untuk berwirausaha, solusinya adalah kita mencoba usaha yang tidak membutuhkan modal, misalnya berwirausaha dalam bentuk jasa, misalnya jasa les anak SD, jasa editor, jasa fotografi, dan lain-lain. Ini adalah bentuk kemauan, yang penting kita sudah mencoba.

2. Kamu punya visi

Seorang wirausaha yang memiliki visi tidak akan takut gagal. Dia sadar resiko apa yang akan dia hadapi, dan dia tidak mudah menyerah. Karena seorang wirausahawan memiliki keyakinan dan ketekunan yang kuat untuk mencapai tujuannya dan percaya bahwa kegagalan adalah bagian dari proses jalan menuju kesuksesan.

3. Kamu punya motivasi

Sumber kesuksesan seorang wirausaha juga terletak pada motivasinya. Motivasinya untuk menciptakan, menemukan, atau menambah nilai pada produk atau jasanya biasanya lebih besar daripada motivasinya untuk memiliki bisnis atau menghasilkan keuntungan besar. Pengusaha sukses biasanya meningkatkan kecepatan, akurasi, dan kemudahan tanpa berpuas diri.

4. Sikap terhadap uang

Yang juga sangat penting dalam berwirausaha adalah sikap terhadap uang. Seorang wirausahawan tidak hanya ditantang untuk mendapatkan uang, tetapi harus mampu mengkonversi uang bahkan mengumpulkan uang.

Nama: Ardiana Zakiyatun Nisa'

Prodi: D4 TLM Universitas Muhammadiyah Kudus

Pemenuhan tugas kewirausahaan dasar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan