Mohon tunggu...
Ardhian Pratama
Ardhian Pratama Mohon Tunggu... Penulis

Let's Write

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Cara Menghemat Paket Data Internet Pada Android saat Physical Distancing

4 September 2020   10:32 Diperbarui: 4 September 2020   10:34 62 1 0 Mohon Tunggu...

Sejak pandemi virus corona COVID-19 memasuki kawasan wilayah Indonesia, hingga pada saat kini lebih dari total 500 orang terinfeksi akan keberadaan virus tersebut. 

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus tersebut, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan langkah preventif berupa physical distancing, yaitu dengan menjaga jarak dengan orang lain sampai dua meter, menjauhi kawanan kerumunan, serta tidak berkumpul pada event-event yang dapat menarik perhatian.

Dengan begitu kita dapat menemukan sebuah solusi yang sederhana yaitu dengan mencari hiburan yang paling mudah dijangkau pada portal internet, baik itu aktivitas streaming video, film, ataupun musik, berselancar di pada platform media sosial, hingga bermain game melalui smartphone masing-masing.

Laman Geekwire menyatakan bahwa sejak terjadi pandemi virus corona COVID-19, banyak terdapat situs live streaming hiburan mengalami peningkatan trafik yang signifikan seperti penonton Twitch yang naik sebesar 10 persen, Youtube Gaming naik sampai 15 persen, bahkan pelanggan paket Netflix mengalami kenaikan drastis sampai mendekati 100 persen sampai pada wilayah-wilayah  yang terdampak virus corona COVID-19.

Apabila kita sedang melakukan proses physical distancing dan menetap di rumah ataupun mengisolasi diri, berhati-hatilah jangan sampai dalam mengakses hiburan melalui gadget masing-masing dapat menguras dompet karena penggunaan kuota internet yang boros dan berlebihan. 

Dibawah ini beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan untuk menghemat penggunaan kuota internet untuk konten hiburan, terutama untuk gadget  Android sebagaimana dikabarkan dari pihak Fossbytes:

1. Membatasi Penggunaan Paket Data

Membatasi kuota internet yang akan digunakan merupakan cara termudah untuk menghindari akan penggunaan data dengan kapasitas yang berlebihan.

Kita dapat mengkonfigurasi hal ini dengan masuk ke dalam fitur "Setelan" pada smarthpone yang kita miliki, kemudian memilih "Penggunaan Data > Siklus Penagihan > Batas data dan siklus tagihan". Pada bagian itu, kita dapat mensetting penggunaan jumlah maksimal kapasitas data yang akan digunakan dalam kurun waktu-waktu tertentu

Selain itu, kita juga dapat memutus jaringan koneksi internet apabila batasan limit kuota tersebut sudah habis.

2. Membatasi aktivitas pada Backround Apps

Beberapa jenis aplikasi pada smartphone dapat otomatis mengurangi jumlah kuota internet, kendati smartphone tersebut tidak digunakan pada intinya. Misalnya, saja aplikasi pada latar belakang layar seringkali menampilkan pembaharuan pada smartphone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x