Mohon tunggu...
Ardhian Pratama
Ardhian Pratama Mohon Tunggu... Penulis

Let's Write

Selanjutnya

Tutup

Digital

5 Aplikasi Penambah RAM untuk Smartphone Android

25 Agustus 2020   14:26 Diperbarui: 25 Agustus 2020   14:52 63 0 0 Mohon Tunggu...

Bermasalah dengan kapasitas hardware RAM yang kecil? Tak Perlu Khawatir. Berikut ini aplikasi penambah kapasitas RAM terbaik untuk semua tipe Smartphone Android. Dijamin semakin lega free space pada komponen RAM tentunya !

RAM pada smartphone merupakan salah satu komponen penting yang menjadi perhatian para pengguna smartphone tentunya .Besaran nilai kapasitas RAM sangat memengaruhi performa smartphone.

Semakin besar besaran nilai RAM yang tertanam di dalam IC sebuah smartphone, maka secara otomatis akan semakin baik kinerjanya.

Seringkali para pengguna gadget smartphone mengeluhkan kinerja perangkat yang lambat dan menjadikan aktivitas multitasking maupun bermain game menjadi tidak lancar dengan semestinya.

Hal demikian disebabkan oleh kapasitas RAM yang tidak mempuni atau RAM tersebut tidak mampu menghandle banyaknya aplikasi yang berjalan sehingga membuat kapasitasnya menjadi penuh dan overfull.

Untuk selanjutnya, apabila kita sering mengalami masalah seperti kasus diatas, penulis mempunyai beberapa solusi untuk menambah kapasitas RAM pada smartphone kita dalam bentuk virtual melalui 5 aplikasi berikut. Aplikasi tersebut apa saja ? Mari, kita simak ulasannya dibawah ini !

5 Aplikasi Penambah kapasitas RAM Terbaik Untuk Smartphone Android

1. < 2 GB RAM Booster (Fastest)

Dengan aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk kita yang menggunakan smartphone RAM kapasitas terbilang cukup kecil, namun berkeinginan dalam memainkan game yang tergolong performa yang berat. < 2 GB RAM Booster (Fastest) dapat memperlancar kinerja ponsel android hanya dengan tindakan satu ketukan, tanpa perlu untuk melakukan step by step proses yang rumit.

Kita juga dapat menggunakan aplikasi ini pada smartphone yang tidak dalam posisi rooting. Dengan menggunakan aplikasi ini, kapasitas besaran RAM smartphone kita seolah-olah bertambah karena kinerja smartphone yang lancar serta aman untuk digunakan untuk menjalankan game berat sekalipun.

2. RAM Manager

RAM Manager merupakan aplikasi untuk mengoptimalkan dan meningkatkan performa memory pada smartphone yang kita miliki. Kita bisa langsung dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat kapasitas space memori lebih bebas dan lega tentunya sehingga kapasitas nilai RAM akan bertambah secara virtual.

RAM Manager juga dapat mengurangi keterlambatan dan meningkatkan kecepatan sehingga aktivitas multitasking dan bermain game menjadi lancar.

Selain itu ada beberapa fitur unggulan dalam aplikasi ini yang dapat kita gunakan untuk mengetahui mengenai informasi memori pada smartphone.

3. Smart Booster Pro


Smart Booster Pro akan membantu memecahkan masalah pelik pada RAM smartphone yang kecil. Sepak terjang aplikasi ini akan melakukan pembersihan cache dan SD Card dengan eksekusi yang cepat serta mengoptimalkan perangkat dengan menghibernasi serta menonaktifkan beberapa aplikasi-aplikasi yang tidak lagi digunakan.

Smart Booster Pro juga menawarkan fitur boost RAM dengan cara yang mudah dan simple untuk membuat kapasitas komponen RAM menjadi lebih luas (expand).

4. RAM Booster eXtreme

Pada aplikasi yang satu ini bukan hanya meningkatkan kecepatan performa saja, namun juga mengontrol kinerja RAM pada smartphone kita.

Aplikasi RAM Booster eXtreme sendiri melakukan pembersihan hanya dengan satu kali tindakan klik serta mengontrol penggunaan kinerja RAM sehingga kapasitas besaran RAM seolah bertambah berkat kinerja smartphone yang semakin lancar serta jauh dari kata lambat(lag).

Kita juga dapat memilih tingkat boost mulai dari tingkatan level normal, kuat hingga ekstrem. Tidak perlu khawatir dikarenakan pada aplikasi ini aman dan tidak akan membuat performa aplikasi pada smartphone terganggu.

5. RAM Expander

RAM Expander dapat kita manfaatkan sebagai langkah alternatif untuk menambah RAM pada smartphone dalam artian kapasitas nilai RAM menjadi lebih luas dan tidak penuh lagi. Pada aplikasi ini akan sangat membantu untuk smartphone yang tidak dapat mewadahi aplikasi yang terlalu banyak.

Dengan aplikasi RAM Expander juga dapat membuat swap file untuk VM sampai mencapai kapasitas maksimal 4 GB. Hal demikian akan membuat RAM menjadi lebih kosong  dan lega walaupun diisi dengan berbagai macam aplikasi serta membuat aktivitas multitasking serta bermain game berat menjadi lebih lancar.

Kesimpulan

Itulah penjabaran 5 aplikasi penambah RAM terbaik untuk Smartphone Android. Untuk kita yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM kecil sudahkah untuk menginstall salah satu dari aplikasi di atas? Share pengalaman kalian pada kolom komentar!

Artikel menarik lainnya: blog.

VIDEO PILIHAN