Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Swasta Mengabdi 12 Tahun

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jangan Remehkan Tulisanmu

29 Desember 2017   19:08 Diperbarui: 29 Desember 2017   20:52 422
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan adalah rangkaian kata-kata yang tersusun rapi mewakili buah pikiran penulis yang mungkin tak tersampaikan secara ucapan. Tujuh bulan lalu, saya yakin sekali ingin menulis ulasan novel ayat-ayat cinta 2 lalu mem-publish-nya ke dunia maya. Betapa sedikitnya orang yang membaca. Jatuh mental rasanya untuk menulis lagi, pasalnya kepercayaan diri mengulas buku tersebut sangat tinggi ketika akan memulainya. 

Sayapun mengabaikannya dengan dalih bahwa seorang penulis produktif itu tidak pernah menghitung karya yang pernah dibuatnya. Yang penting adalah menulis, menulis dan terus menulis. Itulah yang saya tanamkan dalam diri untuk memompa semangat menulis. Sayapun bisa melupakan tulisan ulasan buku ayat-ayat cinta 2 itu dan berniat untuk tidak menulis review buku lagi.

Libur semester dua berakhir dan saya harus kembali fokus dengan pekerjaan saya sebagai seorang guru. Bagaimana nasib tulisan yang sudah tujuh bulan lamanya belum saya buka? Hingga kini liburan semester satu datang kembali, artinya saya punya banyak waktu lagi untuk kembali menulis. Sedikit terkejut ketika melihat tulisan saya yang dulu pernah membuat saya 'jatuh mental', kini tulisan itulah yang paling banyak dilihat dan dibaca diantara semua artikel yang saya buat. Hingga detik saya menulis artikel ini, jumlahnya mencapai 5.673 kali dilihat.

Rasa penasaran muncul. Apakah tulisan dengan judul yang sama mempunyai jumlah pembaca yang banyak? Pada kolom pencarian artikel, saya ketikkan judul "ayat-ayat cinta 2". Merasa kembali heran, ternyata tulisan saya masih jauh lebih banyak dilihat dibanding yang lainnya. Berikut lima kutipan artikel dengan judul selinear dan telah dipilih empat artikel dengan angka terbanyak dilihat.

1. Resensi novel ayat-ayat cinta 2, tentang cinta dan perjuangan membumikan Islam. Penulis Abdurrahman Al Farid, dilihat sebanyak 4.350 kali.

2. Jebakan sektarianisme dalam novel ayat-ayat cinta 2. Penulis Abdul Hakim, dilihat sebanyak 366 kali.

3. Review: Film ayat-ayat cinta 2 berhasil bikin penonton baper, ini dia alasannya. Penulis Murni Oktarian, dilihat sebanyak 2.359 kali.

4. Ayat-ayat cinta 2, adakah kisah cinta sempurna itu?, Penulis Nuty Laraswaty, dilihat sebanyak 962 kali.

5. Ada apa dengan ayat-ayat cinta 2. Penulis saya sendiri, dilihat sebanyak 5.673 kali.

Kesimpulan:

1. Sepanjang tahun 2017 saya menulis artikel di kompasiana, artikel dengan judul "ada apa dengan ayat-ayat cinta  2" lah yang paling banyak menyedot perhatian pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun