Mohon tunggu...
ardhani prameswari
ardhani prameswari Mohon Tunggu... guru

seorang yang sangat menyukai photography

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berbagilah Demi Kehidupan yang Lebih Indah

7 Juni 2018   06:57 Diperbarui: 7 Juni 2018   07:21 256 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagilah Demi Kehidupan yang Lebih Indah
Berbagi itu Indah - sobatngakak.blogspot.co.id

Berbagi merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan dalam setiap agama apapun. Dengan berbagi, secara tidak langsung kita juga ikut merasakan beban orang lain. Dengan berbagi, juga akan menjaga rasa empati antar sesama. Karena itulah, berbagi merupakan hal yang dianjurkan. Tidak hanya dalam ajaran agama, tapi dalam adat istiadat juga dianjurkan. 

Di Indonesia sendiri, bentuk berbagi ini bisa diimplementasikan dalam gotong royong. Budaya yang dianut oleh semua suku yang ada di Indonesia ini, merupakan bukti bahwa budaya berbagi juga dipegang teguh oleh masyarakat kita.

Dalam bulan Ramadan seperti sekarang ini, seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Dalam bulan yang penuh berkah ini, umat muslim dianjurkan untuk berlomba berbuat kebaikan. Bentuk berbuat kebaikan ini salah satunya dengan cara berbagi antar sesama. Zakat yang harus dikeluarkan setiap umat muslim, juga merupakan bentuk berbagi antar sesama. Zakat disini diambilkan dari sebagian harta yang kita dapatkan, untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Kenapa zakat ini penting? Karena melalui zakat, merupakan bentuk penyucian diri dari segala tindakan negative yang selama ini kita lakukan. Hal ini ditegaskan Al Quran, dalam at-Taubah ayat 103, "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Jika semua orang, apapun agama dan latar belakangnya, bisa saling berbagi antar sesama tentu akan memberikan pemandangan yang sangat indah. Semua orang saling membantu. Tidak ada caci maki, yang ada saling bersimpati dan berempati. Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia ditakdirkan untuk saling melengkali. Ini artinya, manusia pada dasarnya diciptakan Tuhan untuk saling berbagi dan melengkapi. Karena manusia itu ada untuk saling berinteraksi dan berbagi. Sudahkah kalian melakukan hal tersebut? Jika belum, mari kita mulai dari sekarang. Belajarlah untuk berbagi, agar hidup kalian penuh arti.

Berbagi tidak hanya dilakukan antar sesama manusia, tapi juga perlu dilakukan kepada makluk hidup lainnya. Dengan binatang, kita juga bisa saling berbagi. Misalnya, kita memberi makan pada burung, kucing, kambing atau hewan yang lain, merupakan bentuk berbagi. Kita member pupuk atau menyiram tanaman yang kering, juga merupakan bentuk berbagi terhadap makhluk hidup. 

Jika semua manusia bisa melakukan ini semua, tentu lingkungan kita akan tetap terjaga. Jika kita belum melakukan, mari kita lakukan dari sekarang. 

Sekali lagi, berbagi kepada manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan perlu ditanamkan sejak dini. Selain mempererat hubungan antar manusia dan lingkungan, berbagi juga akan mendatangkan pahala. Tidak ada ruginya. Jadi tunggu apa lagi. Mari saling berbagi mulai hari ini.

VIDEO PILIHAN