Mohon tunggu...
ArDaWan
ArDaWan Mohon Tunggu... Penulis Pemula dari kalangan siswa

Malang,2 April 2003 Pecinta sejarah Merintis menjadi seorang penulis

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Mengulik Kedua Sisi Zoom sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh

12 Juli 2020   10:50 Diperbarui: 22 Juli 2020   21:49 66 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengulik Kedua Sisi Zoom sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh
zoom.us / diolah kembali oleh penulis

Orang bijak berkata, segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti memiliki sisi yang baik dan buruk, entah kekuatan-kelemahan, negatif-positif, baik-buruk dan masih banyak lagi. 

Apalagi hal yang menyangkut tentang kehidupan manusia semua hal itu pasti terjadi. Sebab, manusia hanyalah makhluk biasa yang hanya bisa bertumpu pada kekuatan tuhan semata. Cukup sekian ya wejangan singkatnya.

Berbicara tentang dua sisi benda, di sini aku akan mengulas sedikit tentang sebuah sarana berupa aplikasi yang banyak digunakan di era pandemi sekarang ini. 

Apalagi kalau bukan si Zoom Cloud Meeting, ya aplikasi yang dirintis untuk memudahkan orang agar tetap bisa berhubungan sosial lewat maya sekarang ini memang marak digunakan oleh banyak orang. Mulai dari mereka yang berkecimpung di pendidikan, bisnis, hingga kalangan politik kini sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. 

Adanya aplikasi semacam ini memang sangat menguntungkan sebab dapat membuat sebuah forum yang mencakup orang banyak tanpa bertemu langsung. Mengigat, kini pemerintah sedang menggalakkan gerakan untuk tidak berkerumun. 

Akan tetapi, ada juga sisi negatif yang mungkin harus diketahui guna kita tak hanya bisa menggunakannya saja melainkan menambah wawasan kita terkait perkembangan kecanggihan teknologi di masa sekarang ini.

Melansir dari tirto.id Zoom Cloud Meeting merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video yang dapat diakses di semua perangkat gadget.

 Aplikasi yang diciptakan pada tahun 2011 ini memiliki beberapa keunggulan yang memang tidak bisa dipungkiri lagi khususnya dalam dunia pendidikan yang sekarang ini harus memanfaatkan aplikasi semacam ini untuk tetap bisa melakukan kegiatan pembelajaran. 

Berikut adalah kelebihan aplikasi Zoom di lihat dari penggunaan dalam bidang pendidikan.

Yang pertama, aplikasi yang satu ini memang efektif untuk kegiatan belajar mengajar. Proses belajar yang biasanya dalam satu kelas dilakukan oleh sekitar 30-40 orang memang dapat tertampung di aplikasi yang satu ini. Sebab dengan segala fitur yang dimilikinya aplikasi ini mampu menyediakan sebuah pelayanan khusus berupa komunikasi dengan video hingga 100 orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN