Mohon tunggu...
Dwi Ardian
Dwi Ardian Mohon Tunggu... Statistisi

DIV Statistika Politeknik Statistika STIS-Jakarta "Belajar, belajar, dan belajar." ....... email: 16.9090@stis.ac.id

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

MU Mengimbangi Liverpool Dibantu VAR?

21 Oktober 2019   01:03 Diperbarui: 21 Oktober 2019   05:55 0 1 0 Mohon Tunggu...
MU Mengimbangi Liverpool Dibantu VAR?
Twitter.com

Laga sarat gengsi tersaji di pekan ke-9 Premier League antara Manchester United (MU) menjamu musuh bebuyutannya, Liverpool, Ahad malam (20/10) WIB di Old Trafford. MU meski menjalani laga kandang tidak terlalu diunggulkan mengingat lima laga terakhir di semua kompetisi tidak pernah meraih kemenangan dan hanya mencetak dua gol.

MU bahkan hanya meraih 9 poin dari 8 laga Premier League dan menempatkannya di posisi papan tengah klasemen sementara. Mereka bahkan harus mengakui keunggulan Newcastle United 1-0 pada pekan ke-8 di kandang tim penghuni zona degradasi tersebut.

Laga besar tetaplah menjadi laga yang besar. Dengan dukungan penuh 73 ribu suporternya, MU berhasil membuktikan bahwa mereka tetaplah tim yang harus ditakuti oleh tim mana pun. Setan merah berhasil mengungguli the reds di babak pertama 1-0.

Gol semata wayang dilesakkan oleh Marcus Rashford pada menit ke-36. Umpan silang dari Daniel James berhasil dimanfaatkan dengan baik untuk mengecoh Alisson Becker. Protes keras dilayangkan oleh para pemain Lipverpool, termasuk pelatihnya, Klopp.

Sebelumnya terlihat dengan jelas Origi dilanggar oleh pemain MU sebelum merebut bola yang akhirnya membuahkan gol oleh finishing Rashford.

Sebenarnya Sadio Mane berhasil menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian. Sayang, golnya dianulir oleh wasit setelah mendapatkan laporan Video Assistant Referee (VAR). Dari tayangan ulang terlihat sebelum Mane mencetak gol, bola sempat mengenai tangannya.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan MU, meski terus-menerus digempur oleh para pemain Liverpool. Penguasaan bola didominasi oleh tim tamu dengan keunggulan 56%. Selain itu, Liverpool juga unggul tendangan ke arah gawang 3 berbanding 1.

Babak kedua diawali dengan inisiatif serangan oleh Liverpool. Meski tanpa Mo Salah yang cedera saat pertandingan Internasional membela Mesir, serangan tetap begitu hidup. Motor serangan seperti biasa dimulai dari kedua sisi bek Robertson dan Arnold. Umpan silang mereka begitu memanjakan pasukan penyerang Origi, Firmino, dan Mane.

Variasi serangan mereka berhasil diredam oleh pertahanan solid MU yang dipimpin oleh Ashley Young di sebelah kiri, serta Wan Bissaka di sebelah kanan yang baru dibeli dari Crystal Palace. Tidak ketinggalan di lini pertahanan tengah dijaga oleh Maguire. Penjagaannya cukup membuat Firmino dan Origi kewalahan.

Klopp melakukan penyegaran di lini serangnya pada menit ke-60, 71, dan 82. Origi diganti oleh Chamberlein, Henderson diganti oleh Lallana, dan Naby Keita menggantikan Wijnaldum yang performanya mulai menurun.

Pergantian pemain tersebut berbuah manis. Adam Lallana berhasil memanfaatkan umpan silang dari Robertson pada menit ke-85. Gol tersebut dicetak tidak sampai semenit setelah Rashford digantikan oleh Martial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2