Mohon tunggu...
Arif Rahman
Arif Rahman Mohon Tunggu... Freelancer

Menyukai hal-hal sederhana, suka ngopi, membaca dan sesekali meluangkan waktu untuk menulis. Kunjungi juga blog pribadi saya (www.arsitekmenulis.com) dan (http://ngeblog-yuk-di.blogspot.com)

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengapa Harus Mempersiapkan Rencana Pendidikan Anak Sejak Dini?

31 Oktober 2015   23:59 Diperbarui: 1 November 2015   00:56 72 0 0 Mohon Tunggu...

Hari ini, tepat sebulan sudah aku mencoba peruntungan dengan bekerja sambil kuliah. Pekerjaan yang aku ambil pun tak jauh-jauh dari jurusan kuliah yang aku tekuni saat ini, yakni jurusan Arsitektur. Adapun tempat aku kerja sendiri adalah di sebuah sekolah, yakni sebagai site manager pembangunan RKB dan juga sanitasi. Selama di lokasi kerja, banyak ilmu, pengalaman dan pemandangan unik yang aku temukan. Dimana semua hal itu dapat dijadikan sebagai pelajaran dan pegangan ketika masuk ke jenjang pernikahan nantinya.

Salah satu di antaranya yang bisa aku jadikan pelajaran adalah kerja keras tukang dan buruh dalam mencari nafkah demi untuk memenuhi kebutuhan keluarga, agar dapur tetap mengepul, dan juga demi bisa membiayai masa depan anak-anak mereka. Hal ini aku ketahui ketika beberapa kali tukang dan buruh curhat mengenai gaji yang diterima dari dari mandor mereka.

Namun yang menarik perhatianku adalah mengenai kerja keras mereka demi bisa membiayai masa depan anak-anak, karena tidak ingin ketika dewasa kelak nasib penerus mereka sama seperti yang dijalani saat ini. Melihat hal tersebut, aku sempat berpikir seperti ini : “Akankah kelak aku seperti mereka, bekerja keras membanting tulang sekuat tenaga tanpa mengenal lelah demi untuk membahagiakan keluarga?”

Ketika pikiran itu berlalu, pertanyaan demi pertanyaan pun ikut bermunculan dan perlahan-lahan mulai berkecamuk di dalam kepala ini. Untungnya, semua itu masih bisa aku tepis dan mencoba berpikir positif dan normal. Dengan penuh semangat dan gairah, aku pun berkata dalam hati “Aku tak bisa seperti mereka, aku harus bekerja cerdas karena bekerja keras saja tidak akan cukup”. Apalagi biaya hidup dan biaya pendidikan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Lalu apa yang harus aku lakukan, khususnya mengenai biaya pendidikan untuk sang buah hati kelak jika sudah menikah? Maka salah satu jawabannya tak lain dan tak bukan adalah merencanakan biaya pendidikan untuk sang buah hati sejak dini.

Mengapa Harus Sekarang?

Jawabannya cukup simple, karena setiap orangtua apapun latar belakangnya pasti menginginkan yang terbaik kepada sang buah hatinya kelak. Dimana hal itu mulai berlaku sejak mereka masih kecil sampai dewasa bahkan sampai meraih kesuksesan. Sehingga tak heran jika setiap orangtua rela menghabiskan banyak waktunya untuk memilah-memilah sekolah terbaik untuk anaknya, bahkan sampai-sampai mencarikan dan mendaftarkannya ke tempat-tempat pelatihan ekstrakurikuler sejak dini. Benar gak!

Lalu, setelah pertanyaan pertama terjawab, apa langkah selanjutnya?

Bagaimana Cara Merencanakan Pendidikan Anak?

Untuk urusan yang satu ini pasti semua punya cara masing-masing, termasuk aku sendiri yang notabene masih kuliah. Namun sebelum hal itu membuatku kewalahan saat sudah menikah nanti, maka tidak ada salahnya jika semuanya aku rencanakan mulai dari sekarang. Setuju gak!

Lalu... apa saja yang perlu dipersiapkan untuk semua itu. Yuk, simak sedikit tips dari saya dalam mempersiapkan dana untuk pendidikan sang buah hati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x