Di Samarinda, saat ini hanya ada 1 jembatan yang menghubungkan Samarinda. Terkenal dengan nama jembatan Mahakam 1. Â Jembatan ini dibangun tahun 1987 dengan biaya 7M. Hingga saat ini masih kokoh berdiri walau dilintasi ribuan ton kendaraan yang lewat tiap harinya. Kalau jembatan ini roboh seperti jembatan tetangga (Jembatan Tenggarong), maka akan dikhawatirkan akan menghambat laju perekonomian Samarinda secara keseluruhan.
Gambar: Jembatan Mahakam (Kaltim Post)
Pada 2002, Pemkot Samarinda merencanakan pembangunan jembatan Mahkota (Mahakam Kota) 2 sebagai jembatan alternative. Rencananya jembatan ini memiliki panjang sekitar 1.428 meter dan akan menjadi jembatan terpanjang diKalimantan Timur. Terdengar membanggakan sekali. Namun pembangunan jembatan ini mangkrak hingga saat ini. Dengan pembangunan total proyek sebesar Rp 582 miliar (Sumber: Tribun Kaltim) memakan waktu hingga 12 tahun lebih. Pemkot berjanji akan rampung pada 2015.
Gambar : Jembatan Mahkota 2 Â (Foto Pribadi, 15 September 2014)
Kenyataannya, perbandingan dana yang dihabiskan dengan progress, hasilnya tidak seimbang. Berbagai alasan seperti jika pembangunan jembatan terus dilanjutkan, maka akan mengganggu lalu lintas pelayaran Sungai Mahakam. Pembiayaan proyek pembangunan Jembatan Mahkota II dialihkan untuk membangun Jembatan lain yang tidak mengganggu pelayaran menuju Pelabuhan Samarinda. Dimana alasan ini menurut saya pribadi terlihat seperti akal-akalan untuk mengelontorkan APBD untuk main proyek. Bangun 1 jembatan belum selesei kok mau bangun yang lain. Dimana pertanggunjawabannya. Lucunya Pemkot membantah bahwa pembangunan jembatan ini mangkrak. Mangkrak atau tidaknya, bisa dilihat dari foto saya. Belum resmi berdiri sudah awut-awutan.
Saya selaku warga Samarinda, prihatin terhadap perkembangan kota Samarinda secara keseluruhan. Jembatan Mahkota 2 hanya gambaran kecil bagaimana kinerja Pemkot Samarinda secara keseluruhan. Saya harap tulisan saya dapat membantu Pemkot Samarinda untuk lebih professional dalam semua tanggung jawabnya.
Salam Bahagia dari Putra Daerah Samarinda
Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Mahakam
http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Mahkota_II
http://kaltim.tribunnews.com/2012/03/12/pemeliharaan-jalan-di-samarinda-rp-10-miliar-per-tahun.
http://kaltim.tribunnews.com/2013/04/11/jembatan-mahkota-ii-masih-2-tahun-lagi