Humaniora

Ujian Akhir Semester Berbasis Komputer?

2 Mei 2018   18:56 Diperbarui: 2 Mei 2018   18:56 320 0 0

Salam Wong Kito Galo!

Assalamualaikum wr wb

Perkembangan Teknologi yang begitu pesat telah membawa manfaat begitu luar biasa, dimana dulu kita dirumitkan untuk menggunakan benda benda tertentu untuk saling berkomunimasi dan mendapatkan informasi. Sekarang, semua disulap begitu instant tak perlu repot harus kesana kemari untuk saling berkomunikasi dan mendapatkan informasi.

Tentunya dengan tekonologi yang begitu luar biasa membuat sumber daya manusia harus bisa memanfaatkannya dengan benar. Maka dari itu, Sekolah yang berada di Indonesia hampir sudah menerapkan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer (UNBK) SMA Negeri 15 Palembang juga adalah salah satu sekolah yang menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Tapi, tak hanya itu SMA Negeri 15 Palembang juga menerapkan sistem Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) kepada kelas X dan XI ini merupakan trobosan baru dari SMA Negeri 15 Palembang.USBK ini memiliki beberapa paket soal, agar siswa siswi bisa jujur dalam mengerjakan soal. 

Di bentuknya USBK ini bertujuan untuk membiasakan dan mengajarkan siswa-siswi nya untuk menggunakan ujian berbasis komputer, jadi ketika UNBK tiba siswa-siswi SMA Negeri 15 Palembang sudah bersiap untuk bersaing dengan sekolah sekolah yang ada. Penggunaan USBK ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Berikut kelebihan penggunaan USBK:
1. Siswa akan terbiasa dengan ujian berbasis komputer, jadi ketika UNBK mereka sudah siap.

2. Membiasakan dan melatih siswa dalam bersikap jujur dalam menjawab soal.

3. Soal terlihat lebih terang, ketimbang dengan menggunakan kertas. Karena pada mata pelajaran tertentu, memiliki gambar untuk menentukan jawaban

Berikut Kekurangan USBK:
1. Karena tidak memiliki begitu banyaknya komputer, jadi ada sesi untuk setiap kelas nya.

2. memungkinkan terjadinya machine errors, yaitu kesalahan yang diakibatkan oleh mesin atau komputer.

3. Sangat bergantung kepada listrik, tidak mungkin ditengah tengah pengisiaan soal listrik padam, terpaksa harus ngulang dong.

Baiklah itu adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan ujian berbasis komputer bagi saya. Saya mohon maaf jika ada salah salah kata, pada allah saya mohon maaf.

Waalaikumussalam wr.wb

Terima kasih
Salam Wong Kito Galo!