Mohon tunggu...
Arako
Arako Mohon Tunggu... Freelancer

Best in citizen journalism K-Award 2019 • Pekerja Teks Komersial • Pawang kucing profesional di kucingdomestik.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Narativ, Cara Baru Hasilkan Uang Lebih Intensif di Kompasiana

31 Juli 2020   21:20 Diperbarui: 31 Juli 2020   22:04 77 22 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Narativ, Cara Baru Hasilkan Uang Lebih Intensif di Kompasiana
Narativ Kompasiana


Kalau dihitung-hitung, sudah lebih dari Rp 10 juta sudah saya hasilkan dengan modal menulis di Kompasiana. Sumbernya macam-macam sih. Mayoritas hadiah menang blog competition atau event menulis dari komunitas.

Pernah juga dapat tawaran content affiliation dan exclusive writer. Asli berbunga-bunga banget pas ini mah. Soalnya rate dari Kompasiana bener-bener memuaskan. Saya pernah dapat Rp 1 juta bersih untuk upah menulis satu buah artikel saja.

Agaknya Kompasiana belum cukup bagi-bagi rezeki untuk para Kompasianers setia. Belum lagi usai program Kompasiana Rewards dengan hadiah saldo gopay setiap bulannya, eh sekarang muncul lagi program Narativ.

Apa sih Narativ ini?

Jadi Narativ ini sepertinya pengembangan dari program exclusive writer. Resmi diluncurkan sejak bulan Juni lalu, bertajuk content marketing playground, Narativ ini bisa dibilang adalah konten marketing-nya Kompasianers.  

Kalau sebelumnya cuma bisa dapat uangnya khusus di web Kompasiana saja, di program Narativ ini Kompasianers juga bisa "melebarkan sayap" di sosial media juga. Jadi influencer gitu. Tergantung sama bentuk campaign yang diharapkan klien. Karena program Narativ ini sejatinya adalah penghubung antara brand/produk yang ingin berpromosi, dengan Kompasianers yang akan membantu mempromosikannya.

Weit, tentu saja influencer yang terpilih ikutan campaign bakal dibayar dong. Asyik kan, makin intensif aja dapat duit dari Kompasiana.  Yakin nggak mau ikutan? Nggak nyesel?

Cara Bergabung Program Narativ

Untuk yang berminat gabung, caranya gampang banget lho. Tapi sebelumnya pastikan dulu kalian memenuhi syarat berikut ini, yaitu :

1. Punya akun kompasiana dan sudah tervalidasi

2.Telah menayangkan minimal 50 konten di Kompasiana

3. Memiliki akun sosial media aktif yang bisa dicantumkan di pengaturan profil

Nah, kalau sudah memenuhi syarat tinggal klik link berikut ini  https://microsite.kompasiana.com/narativ dan pilih menu "Mari Bergabung" untuk kemudian ikuti saja langkah-langkah selanjutnya untuk mendaftar.

Oh, setelah berhasil mendaftar, bakal ada notifikasinya nanti. Terus di menu profil Kompasiana kamu bakal ada tambahan menu bertuliskan "Narativ".

Alur program Narativ (screen shot pribadi) 
Alur program Narativ (screen shot pribadi) 



Setelah itu, ya tunggu saja notifikasi kalau ada tawaran untuk campaign baru. Jangan lupa sering-sering cek profil Kompasiana-nya ya biar ga terlewat kalau ada campaign.


Gimana? Mudah kan?

Kalau udah rutin ikut Narativ ini, plus rajin menulis di Kompasiana, Rp 10 juta mah, keciiiilllll!

Lagi pula, dari pada sosmednya dipakai untuk hal-hal yang bikin lelah hati dan mental (berdebat kusir dan share hoax, misalnya) , apa nggak lebih baik dimanfaatkan untuk cari duit? Lumayan tahu bisa menyambung nafas di era pandemi ini. 



Yuk, gabung Narativ bareng member Kompal lainnya di sini. Kurang baik apa sih Kompasiana sama membernya?


Salam dari Tepian Musi

Kompasianer Palembang
Kompasianer Palembang




VIDEO PILIHAN