Mohon tunggu...
Ara Fasaka
Ara Fasaka Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Digital

Serba Digital, Inilah Inovasi Anak UNDIP Saat KKN 2020 di Kabupaten Bogor

11 Agustus 2020   17:55 Diperbarui: 11 Agustus 2020   17:57 69 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Serba Digital, Inilah Inovasi Anak UNDIP Saat KKN 2020 di Kabupaten Bogor
Pemberian Piagam Terima Kasih/dokpri

Bojong kulur, Gunung Putri, Kab. Bogor(11/8), Mulai tanggal 5 Juli 2020 kemarin, Universitas Diponegoro menerjunkan Mahasiswa KKN kepada masyarakat di domisilinya masing-masing, yaitu tempat tinggal asal mereka untuk melakukan pengabdian program kerja. Diketahui Ara Fasaka Ardanta(20) mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020 dari jurusan Teknik Komputer ini juga turut serta dalam Pendampingan Masyarakat dengan membuat 2 program dengan tema Covid-19 dan SDG's.

Untuk program pertama dengan tema Covid-19, Mahasiswa semester 7 ini membuat program "Pendataan Warga dalam Rangka Pencegahan penyebaran Covid-19 berbasis online web Self Assessment Covid-19". Website Self assesment covid-19 yang diterapkan oleh saudara Ara Fasaka bertujuan menjadi salah satu solusi untuk menangani kekhawatiran dalam menghadapi pandemi yang tengah berlangsung. 

Dengan website ini diharapkan nantinya warga sekitar komplek Perumahan Vila Nusa Indah 3 RT 10/ RW 39 Kab. Bogor dapat mengisi beberapa pertanyaan yang ada setiap bulannya sehingga dapat menjadi tolak ukur oleh perangkat komplek untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Data yang didapat juga dapat dilihat baik dalam bentuk tabel maupun grafik agar dapat mempermudah pengolahan data menjadi informasi baru.

Tampilan awal web self assessment/dokpri
Tampilan awal web self assessment/dokpri

Untuk program kedua yang dijalankan oleh Ara tak jauh jauh dari sistem informasi berbasis web. Ia menciptakan program "Pendataan Warga untuk mendukung SDG's berbasis Web Geographic Information System". Pada relevansinya Big Data yang dihasilkan nantinya akan berkembang untuk menjadi infomrasi dalam mendukung program SDGs, diantara nya adalah Tanpa kemiskinan, Tanpa kelaparan, Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan yang didapat dari data kependudukan sehingga akan menjadi sebuah kesinambungan.

Dari penjelasan diatas, Mahasiswa yang kerap dipanggil Ara mengatakan bahwa "Program dengan nama Pendataan Warga untuk mendukung SDGs berbasis Web Geographic Information System ini bertujuan agar dalam satu komplek wilayah RT dapat melakukan pemetaan data yang mudah dari berbagai sektor seperti data rumah, pekerjaan, keluarga dan lain yang menyangkut data kependudukan. Target peserta berupa warga yang tinggal di daerah lingkup komplek Perumahan Bumi Mutiara RT 05 RW 33, Bojong Kulur, Gunung Putri, Kab. Bogor".

Tampilan peta dari web/dokpri
Tampilan peta dari web/dokpri
"Ini Program bagus, nanti semua data bisa terorganisir lebih baik dan modern. Jika memang memungkinkan, program ini juga dapat diekspansi ke ranah lebih tinggi seperti tingkat keluarahan, bahan hingga kecamatan" ujar Kepala RT 05/33 Perumahan Bumi Mutiara, Pak Edi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x