Mohon tunggu...
D. Wibhyanto
D. Wibhyanto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Bidang Sastra, Sosial dan Budaya

Penulis Novel CLARA-Putri Seorang Mafia, dan SANDHYAKALANING BARUKLINTING - Tragedi Kisah Tersembunyi, Fiksi Sejarah (2023). Penghobi Traveling, Melukis dan Menulis Sastra, Seni, dan bidang Sosial Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Lagi! Menang Blog Competition di Kompasiana

7 November 2023   15:02 Diperbarui: 7 November 2023   16:51 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi "Lagi! Menang Blog Competition di Kompasiana"(sumber: tangkapan layar Blog Kompasiana ) 

Lagi! Menang Blog Competition di Kompasiana 

Jakarta, -"Hi, Bapak dan ibu pemenang blog Kenanganku di Bali. Perkenalkan saya Indra Mahardika, admin Kompasianer Semeton Bali. Terimakasih sudah berbagi cerita tentang kenangan selama di Bali", pesan itu saya terima Jumat (3/11) petang. 

Pesan itu juga mengabarkan bahwa saya berhak memperoleh apresiasi hadiah menarik, yaitu souvenir Kain Pantai khas Bali. Omegot! Spontan senenglah hatiku. Terimakasih atas apresiasinya, ya Kompasianer Semeton Bali!

mendapat pesan pengumuman pemenang blog competition
mendapat pesan pengumuman pemenang blog competition "Kenanganku di Bali"(sumber image: tangkapan layar blog kompasiana) 

Artikel saya yang memenangi kompetisi menulis yang diadakan oleh komunitas Kompasianer Semeton Bali ini berjudul: "Seru! Jelajah Wisata Seharian di Bali" (link artikel ini, jika berkenan, bisa dibaca di SINI

Beberapa waktu sebelum ini, tulisan lain saya berjudul "Melakukan kegiatan Karitatif di desa, tak semudah membalik telapak tangan", (jika suka, baca: di SINI), mendapat apresiasi juara 1 kompetisi menulis bertema "Menulis opini membangun Indonesia dari Desa", di komunitas Indosiana dan Dewisiana, diumumkan Rabu (24/10). 

ilustrasi, memenangi blog competition di kompasiana (sumber image: tangkapan layar blog kompasiana) 
ilustrasi, memenangi blog competition di kompasiana (sumber image: tangkapan layar blog kompasiana) 

Sekadar Sharing

Ulasan ini sekadar sharing penulis, bukan untuk umuk atau pamer prestasi. No no no, bukan itu lho ya. Ulasan ini bermaksud memotivasi, ajakan untuk mari bergiat menulis dan berkompetisi di ajang event Blog Kompasiana.

Menang di ajang beberapa kompetisi menulis tentu menyenangkan. Hal ini patut penulis syukuri dengan cara sederhana, yaitu "Nyego Kucing" di warung angkringan dekat perempatan desa sebelah, Lereng Merapi Barat Daya, Magelang.

Tetapi penting dicatat, bahwa faktanya seringkali kalah, bonyok, remuk, rungkad, keok berulang kali, penulis sering alami pula di banyak kompetisi blog terdahulu. Pengalaman ini juga tak kalah seru.

Bagi penulis, menang atau kalah di kompetisi blog Kompasiana sama asyiknya. Mengapa? Berikut beberapa alasan mengapa menang atau kalah dalam kompetisi semacam itu bisa menjadi pengalaman yang asyik:

Kesempatan untuk Berkembang: Kompetisi menulis adalah cara yang baik untuk menantang diri sendiri, uji nyali sebagai penulis dan terus berkembang sebagai penulis. Meskipun menang tentu akan memberikan kepuasan. Tetapi tantangan dan pelajaran dari kekalahan juga bisa sangat berharga. 

Artinya, kekalahan patut pula untuk dirayakan, demi kewarasan mental pikiran. Setidaknya itu sesuai pesan positif yang saya kutip dari senior saya, Kompasianer Engkong Felix Tani. Hihihi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun