Mohon tunggu...
Aqsha Berlian Almakawi
Aqsha Berlian Almakawi Mohon Tunggu... Lainnya - Hai semua! Aku Aqsha. Tetap terhubung dengan dunia.

Berlatih menulis suatu hal, pemikiran-pemikiran aku, dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

U-Boat, Mesin Pembunuh yang ''Senyap'' di Samudra Atlantik (Bagian 1)

8 April 2018   12:52 Diperbarui: 8 April 2018   15:21 784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lukisan sebuah U-boat tipe VIIC di pelabuhan.

U-boat adalah kata singkatan dalam Bahasa Inggris dari kata bahasa Jerman U-boot. U-boot adalah singkatan dari Unterseeboot yaitu artinya secara harfiah ''perahu bawah air'' atau dalam bahasa Inggris artinya ''undersea boat'' Sementara istilah Jerman U-boot mengacu pada kapal selam apa pun, salah satunya dalam bahasa Inggris, (sama dengan beberapa bahasa lain) secara khusus mengacu pada kapal selam militer yang dioperasikan oleh Jerman, khususnya dalam Perang Dunia Pertama dan Kedua. 

U-boat adalah senjata armada angkatan laut Jerman yang efisien melawan kapal perang angkatan laut musuh, mereka paling efektif digunakan dalam peran peperangan ekonomi (perdagangan merampok) dan memberlakukan blokade angkatan laut terhadap pelayaran musuh. Target utama dari kampanye U-boat dalam kedua perang adalah konvoi pedagang yang membawa pasokan dari Kanada dan bagian lain dari Kerajaan Inggris, dan Amerika Serikat ke Inggris dan (selama Perang Dunia Kedua) ke Uni Soviet dan Wilayah Sekutu di Mediterania.

Kapal selam angkatan laut Austro-Hungaria juga dikenal sebagai U-boat.  

Sebuah U-boat type VIIA muncul di permukaan laut.
Sebuah U-boat type VIIA muncul di permukaan laut.
Permulaan U-boat (1850–1914)

Kapal selam pertama yang dibangun di Jerman adalah Brandtaucher, tenggelam ke dasar pelabuhan Kiel pada 1 Februari 1851 selama uji coba menyelam. Penemu dan insinyurnya, Wilhelm Bauer telah merancang kapal ini pada tahun 1850, dan Schweffel & Howaldt membangunnya di Kiel. Operasi pengerukan pada tahun 1887 menemukan kembali Brandtaucher itu kemudian dipajang dan ditampilkan secara historis di Jerman. 

Pada tahun 1890 diikuti dengan perahu Perang Dunia I dan Perang Dunia II, dibangun untuk desain Nordenfelt. Pada tahun 1903, galangan kapal Friedrich Krupp Germaniawerft di Kiel menyelesaikan kapal selam buatan Jerman yang pertama kali berfungsi penuh, Forelle, yang dijual perusahaan Krupp ke Kekaisaran Rusia selama Perang Rusia-Jepang pada April 1904. SM U-1 adalah kapal selam kelas Karp yang sepenuhnya dirancang ulang dan hanya satu yang dibangun. 

Angkatan Laut Kekaisaran Jerman menugaskannya pada 14 Desember 1906. Pesawat itu memiliki lambung ganda, mesin kerosene Körting, dan tabung torpedo tunggal. SM U-2 (ditugaskan pada tahun 1908) memiliki dua tabung torpedo. Kelas U-19 1912–13 adalah kapal selam pertama yang dipasang mesin diesel  di angkatan laut Jerman. Pada awal Perang Dunia I pada tahun 1914, Jerman memiliki 48 kapal selam dari 13 kelas dalam pelayanan atau dalam pembangunan. Selama perang itu Angkatan Laut Kekaisaran Jerman menggunakan SM U-1 untuk pelatihan. Pensiun pada tahun 1919, sekarang dipajang di Deutsches Museum di Munich, Jerman. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun