Mohon tunggu...
Ichlasul Aqmal Fasha
Ichlasul Aqmal Fasha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Manejemen Ressort dan Leisure, Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Kegiatan Kampus Mengajar guna Meningkatkan Literasi Siswa di Rumah Baca Ceria

28 September 2021   18:32 Diperbarui: 28 September 2021   18:34 124 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Kegiatan Kampus Mengajar guna Meningkatkan Literasi Siswa di Rumah Baca Ceria
Penyerahan Surat Pernyataan Kerja Sama Kepada Ibu SIti Fitriah (Ketua Yayasan Rumah Baca Ceria)/dokpri 

Masa Pandemi Covid-19 membuat pola pendidikan berubah hampir 180 derajat. Semula, proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka. Tetapi sudah hampir dua tahun anak-anak hanya belajar di rumah. Pandemi menyebabkan pembelajaran tatap muka langsung di sekolah dihentikan. Anak-anak terpaksa mengikuti sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui gawai mereka.

Meski begitu, masih banyak tenaga pengajar yang belum terlatih dalam menggunakan gawai untuk mendukung proses PJJ tersebut. Untuk itu, Universitas Pendidiakan Indonesia (UPI) menyelenggarakan program KKN Tematik guna membantu sekolah-sekolah dalam melaksanakan PJJ.

KKN Tematik UPI Gelombang ke-2 kali ini mengusung tema “Mengembangkan Literasi (literasi baca dan tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Dari tema tersebut diharapkan para mahasiswa dapat membantu meningkatkan tingkat literasi di dalam lingkup komunitasnya.

Penulis yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang tergabung ke dalam kelompok 44 KKN Tematik Gelombang Ke-2 memilih untuk melaksanakan kegiatan KKN di Rumah Baca Ceria. Rumah Baca Ceria yang berlokasi di Jl. Ceria IX No.7, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi merupakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang didirikan oleh Ibu Siti Fitriah pada tahun 2007.

Berbagai Program Literasi dilaksanakan penulis selama masa KKN di Rumah Baca Ceria. Program-program literasi yang dilaksanakan antara lain yaitu Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Kewarganegaraan dan Budaya, dan Literasi Digital. Pelaksanaaan program literasi tersebut dilakukan dengan cara daring melalui virtual meeting platform seperti Zoom atau Google Meet. Peserta dari kegiatan KKN Tematik di Rumah Baca Ceria terdiri dari siswi kelas 3 hingga kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Virtual Meeting Bersama Para Siswi Rumah Baca Ceria/dokpri
Virtual Meeting Bersama Para Siswi Rumah Baca Ceria/dokpri

Adapun kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat literasi anak-anak di Rumah Baca Ceria yaitu dengan memberikan bahan bacaan non-pelajaran seperti cerita teladan, power point yang berisikan Ilmu Pengetahuan Alam (Sains), Matematika, Kewarganegaraan, dan Kebudayaan. Agar anak-anak tidak merasa bosan, penulis juga secara rutin memberikan kuis atau puzzle disetiap sesi pendampingan.

Guna menambah Ilmu Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi para tenaga pengajar yang ada di Rumah Baca Ceria, penulis juga melakukan pendampingan dalam menggunakan aplikasi yang dapat membantu proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti Google Classroom, Google Meet, Google Drive, Zoom, dan Canva. 

Diharapkan dengan adanya pendampingan ini maka para tenaga pengajar disana dapat lebih memaksimalkan lagi penggunaan aplikasi tersebut pada saat proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan