Mohon tunggu...
Aqil Nedhio Wibowo
Aqil Nedhio Wibowo Mohon Tunggu... -

Orang yang terbaik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Atletico Madrid Tebus Joao Felix, Ada Beruang di Balik Pohon?

5 Juli 2019   15:49 Diperbarui: 14 Juli 2019   02:19 124 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atletico Madrid Tebus Joao Felix, Ada Beruang di Balik Pohon?
Sumber: https://twitter.com/Atleti


Setelah 2 tahun yang lalu PSG dan Barcelona menghebohkan jagat sepak bola dengan pembelian pemain muda dengan harga di atas 100 juta Euro, ternyata musim ini ada lagi wonderkid yang dibeli dengan harga wah oleh salah satu klub raksasa Eropa. 

Siapakah dia? Ya, pemain tersebut adalah Joao Felix. Remaja 19 tahun tersebut dibeli Atletico Madrid seharga 126 juta Euro dari Benfica, sebuah harga yang sangat mahal untuk pemain yang baru bermain satu musim di level top-flight. 

Atletico Madrid dikenal sebagai gudangnya striker bertalenta, sebut saja Fernando Torres, Sergio Aguero dan yang terakhir Antoine Griezmann. Dengan ramainya berita kepergian Antoine Griezmann dari Estadio Wanda Metropolitano, Atletico Madrid pun mendatangkan Joao Felix yang kemungkinan akan diplot sebagai pemimpin lini depan Los Rojiblancos yang baru. Namun, apa benar Joao Felix merupakan solusi yang tepat? Terlebih dengan jumlah uang yang dikeluarkan, masih waraskah Atletico Madrid?

Sumber: https://pixabay.com/photos/football-soccer-europe-uefa-2699589/
Sumber: https://pixabay.com/photos/football-soccer-europe-uefa-2699589/
Wait, bentar-bentar. Memangnya Joao Felix sehebat apa sih, kok bisa-bisanya dihargai semahal itu? Joao Felix sendiri merupakan pemain muda yang multifungsi, semua posisi di sektor penyerangan dapat dia mainkan. 

Joao Felix menjadi buah bibir karena mampu tampil baik di musim pertamanya bersama tim senior Benfica, padahal usianya yang masih 18 tahun. Berdasarkan laman transfermarkt.com, musim lalu Joao Felix mencetak 15 gol dan 9 assist di Liga NOS. Walaupun catatan gol dan assist milik Joao Felix tersebut masih kalah dibandingkan beberapa rekan setimnya, statistik tersebut tetap saja mentereng. 

Selain karena statistiknya, Joao Felix menjadi terkenal juga karena gaya bermainnya. Biasa bermain sebagai No. 7 atau 10 di tim muda, membuat dia menjadi pemain yang teknikal, quick feet serta kreatif walaupun bermain di posisi striker. 

Joao Felix juga merupkan pemain yang ngotot dan pintar mencari posisi. Sehingga dia dapat dengan mudah menerima umpan dan crossing dari rekannya, PADAHAL dia bukanlah pemain yang besar, kuat ataupun cepat. 

Dengan keterampilannya mengolah si kulit bundar tersebut, Joao Felix pun kerap dibanding-bandingkan dengan nama-nama top seperti Rui Costa, Ronaldo dan Kaka. Namun menurut saya, dibandingkan nama-nama tersebut, gaya bermain Joao Felix lebih mirip Pablo Aimar, Idola Lionel Messi yang membawa Valencia berjaya diawal tahun 2000an.

Nah, sekarang kembali lagi ke masalah transfernya. Jadi, si Joao Felix ini, pemain 19 tahun yang masih belum terbukti konsistensinya dan "hanya" bermain di Liga Portugal, dihargai lebih tinggi dibandingkan seorang Eden Hazard di satu jendela transfer yang sama. Mau dilihat dari mana pun juga ya... ya... yaaa jelas kemahalan. 

Apa lagi dibandingkan dengan harga Frenkie De Jong dan Matthijs De Ligt yang berada di kisaran 75 juta euro, padahal duo youngster tersebut berperan penting untuk mengantarkan Ajax ke semifinal UCL dan Belanda ke final UEFA Nations League. Dari pembandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa Joao Felix benar-benar OVERPRICED!!!

Eh tapi-tapi kok, bisa ya Atletico Madrid melakukan blunder segitu dahsyatnya? Sampai-sampai menjadikan Joao Felix pemain termahal kelima sepanjang sejarah. Padahalkan, Atletico Madrid sebenarnya malah tim yang dikenal membeli pemain murah untuk kemudian dijual dengan harga mahal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN