Mohon tunggu...
Apriyono Tangkearung
Apriyono Tangkearung Mohon Tunggu... Guru - Guru di UPTD SMP Negeri 2 Angkona

Masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang (Amsal 23:18)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Sambil Bernyanyi, Salahkah?

29 Oktober 2022   05:08 Diperbarui: 29 Oktober 2022   06:36 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya sebagai guru sebenarnya belum begitu yakin, apakah dengan saya menerapkan metode belajar sambil bernyanyi di bagian-bagian materi tertentu dapat membuat siswa saya akan tertarik dengan pelajaran IPA.  Awalnya saya tekankan kepada peserta didik saya bahwa dengan metode bernyanyi kita lebih mudah untuk menghafal materi inti dari pelajaran yang telah kita pelajari bersama. 


Pada saat saya mencoba untuk mulai menerapkan metode bernyanyi, peserta didik saya masih ada keraguan dimana peserta didik masih belum percaya diri dan ada rasa malu untuk mengeluarkan suaranya. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata siswaku sudah mulai nyaman dan tertarik dngan metode sambil bernyanyi. Bahkan mereka lebih cepat mengingat materi pelajaran yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Jadi menurut pengalaman yang sudah saya terapkan ke peserta didik, dimana belajar sambil bernyanyi itu tidak salah, justru membuat peserta didik lebih mudah mengingat pelajaran dan dapat menciptakan suasana kelas yang mengasikkan.

Itulah uraian tulisan saya mengenai metode belajar sambil bernyanyi, semoga bermanfaat.  Terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun