Saya sebagai guru sebenarnya belum begitu yakin, apakah dengan saya menerapkan metode belajar sambil bernyanyi di bagian-bagian materi tertentu dapat membuat siswa saya akan tertarik dengan pelajaran IPA. Â Awalnya saya tekankan kepada peserta didik saya bahwa dengan metode bernyanyi kita lebih mudah untuk menghafal materi inti dari pelajaran yang telah kita pelajari bersama.Â
Pada saat saya mencoba untuk mulai menerapkan metode bernyanyi, peserta didik saya masih ada keraguan dimana peserta didik masih belum percaya diri dan ada rasa malu untuk mengeluarkan suaranya. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata siswaku sudah mulai nyaman dan tertarik dngan metode sambil bernyanyi. Bahkan mereka lebih cepat mengingat materi pelajaran yang sudah mereka pelajari sebelumnya.
Jadi menurut pengalaman yang sudah saya terapkan ke peserta didik, dimana belajar sambil bernyanyi itu tidak salah, justru membuat peserta didik lebih mudah mengingat pelajaran dan dapat menciptakan suasana kelas yang mengasikkan.
Itulah uraian tulisan saya mengenai metode belajar sambil bernyanyi, semoga bermanfaat. Â Terima kasih