Mohon tunggu...
Apri Puspitasari Amar
Apri Puspitasari Amar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Manusia Setengah Sadar

Tidak ada manusia yang jahat, hanya ada manusia kurang beruntung. untuk itu tetap memanusiakan manusia meskipun mereka tidak memanusiakan anda.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Meningkatkan Penjualan Digital Marketing Melalui Aplikasi TikTok

9 Desember 2021   12:14 Diperbarui: 9 Desember 2021   12:48 159 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN DIGITAL MARKETING MELALUI APLIKASI TIKTOK

Tidak bisa dipungkiri, bahwa perkembangan digital dapat memberikan perubahan dalam pola perilaku konsumen. Dewasa ini, semakin maraknya pengguna internet khususnya di Indonesia. Berdasarkan data Internetworldstats, pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada Maret 2021. Dengan jumlah tersebut, Indonesia berada di urutan ketiga dengan pengguna internet terbanyak di Asia. Total pengguna internet di Asia mencapai 2,77 miliar jiwa dari total populasi 4,33 miliar jiwa. Jumlah pengguna internet Asia tersebut mencapai 53,4% dari total pengguna internet dunia sebanyak 5,17 miliar jiwa.

Belakangan ini, maraknya penggunaan social media berupa aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok adalah aplikasi untuk membuat dan menyebarkan beragam video pendek dalam format secara vertikal, yang dimainkan hanya dengan men-scroll layar ke atas maupun ke bawah. Di Indonesia ini, aplikasi TikTok ini sangat di minati oleh masyarakat, bahkan tidak sedikit masyarakat Indonesia menjadi selebTikTok. Saat ini pengguna TikTok di Indonesia mencapai angka 92,2 juta pengguna, dihitung Per Juli 2021 jumlah ini meningkat. Pada awal pandemi, tepatnya April 2020, pengguna TikTok hanya mencapai 37 juta pengguna.

Tentu saja hal ini memberikan sebuah peluang besar bagi pengusaha khususnya UMKM, dimana pelaku UMKM dapat memanfaatkan digital marketing dengan aplikasi TikTok ini. Pemasaran ini cukup mudah dengan jangkauan luas serta efektif. Melalui TikTok ini, dapat menyebarkan merek dagang dan usaha kita serta dapat memperkenalkan bisnis atau usaha kepada masyarakat luas.

TikTok bukan platform yang tepat untuk setiap usaha. Pada aplikasi ini, target market kita adalah remaja hingga usia 25 tahun. Namun belakangan ini banyak juga orang dewasa menggunakan aplikasi TikTok. Agar digital marketing dengan aplikasi TikTok ini berjalan dengan efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Pertama, pelajari aplikasi TikTok. Mempelajari sebuah aplikasi social media merupakan hal mudah, sebagian besar orang mudah beradaptasi dengan aplikasi tersebut. Dengan mempelajari jenis konten yang berfungsi di TikTok dan mempelajari bagimana berkomunikasi dengan pengguna lain di aplikasi sehingga bisnis kita dapat masuk secara sendirinya. Aplikasi ini bukan tempat yang serius untuk promosi penjualan besar pengguna TikTok adalah pra remaja hingga remaja dewasa. Mereka adalah audiens yang sempurna untuk marketing TikTok dan berpotensional bagi sebuah produk. Dimana anak remaja secara alami cenderung memiliki sifat konsumtif tinggi disbandingkan dengan usia diatasnya. Disini, kita harus bisa memastika produk yang kita pasarkan sesuai dengan karakteristrik mereka.

Kedua, membuat konten kreatif dan menarik. TikTok berisi sebuah konten tentang kesenangan dan kreativitas. Untuk itu, kita perlu membuat konten yang kreatif dan menarik. Perkara mudah membuat konten untuk produk sendiri dan paling murah untuk mempromosikan bisnis di TikTok. Konten yang kreatif dapat memberikan perhatian dan mampu mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Oleh sebab itu, buatlah konten dengan menarik dan sekreatif mungkin yang berkaitan dengan trend terkini.

Ketiga, membuat challenge hashtag. Challenge hashtag sebuah salah satu cara untuk mempromosikan bisnis kita di TikTok. Dengan adanya challenge hashtag ini dapat memperkenalkan produk kita secara luas bahkan tranding. Menggunakan hashtag spesifik, mearik, mudah diingat dan tidak terlalu pasaran agar konten bisnis kita mendapat spotlight. Tetapi, tren hashtag TikTok mudah berubah, untuk untuk kita harus tetap update dengan segala perubahannya.

Keempat, kolaborasi dengan influencer TikTok. Generasi sekarang biasanya kurang minat terhadap iklan yang tradisional. Oleh itu, bekerjasama dengan influencer atau disebut selebTikTok sangat membantu untuk koneksi dengan generasi pengguna sekarang. Pilihlah influencer yang sesuai dengan tarket market dan produk kita. Tetap menjaga dan membangun reputasi dengan konten berkualitas. Tidak lupa ajak influencer untuk share dan review produk kita.

Kelima. Selalu memposting konten/video. Untuk meningkatkan penjualan produk, kita harus sering memposting video tentang produk kita. Aplikasi TikTok memberikan award bagi akun yang sering memposting konten. Semakin banyak konten dan hashtag, semakin luas pula penyebaran  konten tersebut. Di video ini juga harus memberikan description yang jelas. Menyampaikan nilai-nilai tertentu dalam tiap konten supaya menarik dan diminati tarket market kita.

Memiliki strategi marketing merupakan sesuatu yang penting dalam bisnis. Penerapakan strategi marketing STP (Segmenting, Targeting, and positioning). Segala hal perlu ditimbangkan dan disesuaikan menyangkut perencanan, tindakan dan target pasar. Mengenali pperilaku konsumen dan apa saja kebutuhan mereka saat ini. TikTok dapat dimanfaatkan dengan tepat hingga memberikan peluang yang besar dan profit yang besar. Dengan menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang tepat, maka kesuksesan akan mudah digapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan