Mohon tunggu...
Aprilia Widhiarti
Aprilia Widhiarti Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Waspadai Bahaya di Balik Canggihnya Perkembangan Teknologi

20 Juni 2021   14:22 Diperbarui: 20 Juni 2021   14:28 41 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspadai Bahaya di Balik Canggihnya Perkembangan Teknologi
beritasatu.com

Teknologi merupakan sebuah sarana dan prasarana yang menyediakan segala bentuk kemudahan yang diperlukan bagi kelangsungan manusia. Tentunya manfaat yang dihasilkan pun sangat banyak. Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan cepat tentunya membuat banyak perubahan terhadap semua orang.

Dari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa banyak pengaruh positif seperti pertukaran informasi yang menjadi lebih mudah dan cepat, memudahkan pekerjaan, dan yang terjadi saat ini yaitu sistem pembelajaran yang dapat dilakukan secara online tanpa harus melakukan tatap muka untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19.

Terlepas dari dampak positif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi informasi menyimpak dampak negatif yang dihasilkan yang dapat kita waspadai agar tidak berakibat buruk terhadap diri kita sendiri dan juga orang lain. Berikut ini beberapa dampak negatif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi:

  • Menurunnya sosialisasi antar manusia

Salah satu akibat dari munculnya alat komunikasi membuat mulai berkurangnya interaksi antar manusia secara langsung. Karena saat ini sebagian orang bahkan sudah memilih segalanya secara online karena dianggap mudah dan cepat. Seperti disaat menongkrong bersama teman jarang sekali mereka menghabiskan waktunya untuk mengobrol dan bercanda gurau justru mereka malah menggunakannya untuk bermain sosial media atau bahkan bermain game online bersama-sama.

  • Teknologi menggantikan manusia

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, para tenaga kerja mulai tergantikan tugasnya oleh mesin-mesin yang sangat canggih. Teknologi yang berkembang di sektor industri pelan-pelan menggantikan peran manusia untuk berproduksi. Sehingga manusia akan kesulitan untuk mencari pekerjaan di zaman seperti ini.

  • Meningkatnya kejahatan cyber

Peningkatan aktivitas digital berbanding lurus dengan bertambahnya serangan cyber hampir di seluruh dunia. Meningkatnya kejahatan cyber harus diimbangi dengan upaya meningkatkan pemahaman akan pentingnya menjaga ketahanan dari ancaman dunia maya. Tentunya ini menjadi isu prioritas utama semenjak teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan.

  • Cyber bullying

Perundungan online atau biasa disebut cyberbullying kian hari kian melekit kasusnya. Kasus seperti ini banyak ditemukan di media sosial. Pesatnya kemajuan media sosial saat ini akan saat memudahkan seseorang untuk melakukan tindakan ini secara bebas. Tindakan cyberbullying bisa menyerang psikis dan mental korbannya. Hal ini dapat dicegah sengan melakukan hal-hal positif dalam media sosial yang kita gunakan.

  • Membuang-buang waktu untuk hal yang tidak beguna

Seringkali kita terlalu asyik dalam menggunakan gadget sehingga membuat kita mengabaikan tugas yang menanti dan membuat kita membuang-buang waktu yang berharga ini. Gadget memiliki efek candu yang begitu dahsyat. Berjam-jam waktu yang kita gunakan untuk bermain gadget hanyalah suatu bentuk pemborosan waktu saja.

  • Keamanan data

Teknologi informasi bekerja dengan menghimpun sejumlah besar data dan menyimpannya di dalam satu tempat. Biasanya berupa informasi pribadi mengenai individu atau suatu oranisasi. Keamanan data sangat penting untuk dilakukan dengan baik karena jika ceroboh, informasi pribadi bisa jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Efek kecanduan

Media sosial, game online, dan yang lainnya dapat membuat kita ketagihan. Media sosial dengan fitur scroll tanpa batasan bisa membuat Anda lupa akan waktu yang telah dihabiskan. Begitu pula dengan game online yang menguras banyak waktu karena asyiknya permainan itu. Kecanduan game online juga bisa berdampak pada kesehatan seseorang seperti gangguan penglihatan.

Oleh karena itu lebih baik kita bijak dan waspada dalam melakukan apapun dengan sewajarnya tidak berlebihan guna menghindari bahaya yang ditimbulkan apabila kita terlalu berlebihan dalam penggunaan teknologi yang canggih ini. 

AW

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x