Mohon tunggu...
Aprilia Sutrisni
Aprilia Sutrisni Mohon Tunggu... 201713500279 Unindra

Aprilia Sutrisni

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yuk, Kenali Masalah Kesehatan Mental pada Anak!

16 Mei 2021   13:54 Diperbarui: 16 Mei 2021   14:01 127 2 0 Mohon Tunggu...

Masalah kesehatan mental bisa dialami siapapun, termasuk anak dan remaja. Namun, orang tua kerap tidak sadar bahwa anak memiliki masalah kesehatan mental. Gejala gangguan mental pada remaja muncul secara diam-diam. Sulit membedakan antara fluktuasi perilaku anak dengan gangguan mental.

Ada berbagai jenis masalah kesehatan mental pada anak dan remaja. Namun, secara umum, gangguan mental pada anak remaja dapat dibagi sebagai berikut :

1. Masalah Perilaku

Masalah perilaku terbagi ke dalam beberapa jenis gangguan mental, seperti berikut.

- ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), gangguan pemusatan perhatian. Anak berperilaku impulsif dan hiperaktif.

- Conduct disorder atau kenakalan anak dan remaja. Melansir dari WebMD, conduct disorder adalah gangguan perilaku emosional serius pada anak dan remaja. Anak dengan gangguan ini bisa menampilkan pola perilaku yang mengganggu, ada unsur kekerasan, dan bermasalah dalam mengikuti aturan.

- ODD (oppositional-deviant disorder) atau gangguan perilaku melawan dan membangkang. Gangguan perilaku ini ditandai suasana hati yang mudah marah, mudah tersinggung, sering membantah, serta pendendam.

- Penyalahgunaan NAPZA (narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya). Menurut Anne, merokok juga termasuk dalam gangguan ini. Tak hanya rokok konvensional, tetapi juga vape.

2. Gangguan relasi orang tua-anak-keluarga.

Relasi anak dan orang tua serta anggota keluarga lainnya turut membentuk resiliensi anak terhadap tantangan atau masalah yang dihadapi.

3. Gangguan emosional-sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN