Mohon tunggu...
Afin Zaka
Afin Zaka Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Tahukah Anda Cara Investasi Saham yang Benar?

30 Oktober 2017   14:35 Diperbarui: 1 November 2017   11:12 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tahukah Anda Cara Investasi Saham yang Benar?
Sumber: manfaat.co.id

Apakah pernah terbersit di benak Anda untuk memulai investasi saham? Tentunya di era modern ini investasi saham merupakan salah satu hal yang menjadi salah satu cara dalam memperoleh penghasilan dengan cara modern. Namun melakukan investasi saham tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, ada banyak langkah dan cara yang perlu dipelajari untuk memulai berinvestasi.

Dalam memulai berinvestasi saham, maka Anda perlu mempertimbangkan mengenai berbagai hal seperti misalnya risiko. Dalam berinvestasi tentunya sebuah risiko menjadi hal yang lumran untuk disiapkan. Investasi selalu naik turun sehingga penuh dengan risiko, namun risiko tersebut dibagi menjadi beberapa jenis seperti risiko rendah, risiko menengah, hingga risiko tinggi. Semakin tinggi risiko maka semakin besar pula peluang untuk memperoleh return yang besar.

Ada beberapa cara investasi saham yang perlu Anda lakukan. Beberapa cara tersebut akan dijelaskan dengan gamblang pada artikel kali ini.

Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Sebelum mulai membahas mengenai bagaimana cara investasi saham dan langkah-langkah yang harus dilakukan maka penting bagi Anda mengetahui lebih mendalam mengenai apa itu sebuah saham. Saham sendiri merupakan salah satu instrumen dalam investasi dengan rata-rata hasil investasi yang besar. Hingga saat ini, saham masih menjadi salah satu instrumen investasi dengan penawaran hasil yang paling tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, sebagian besar masyarakatnya sudah terbiasa menyimpan uangnya di bursa saham, baik itu berupa investor saham maupun trader saham. Hal tersebut tentunya berbeda dengan Indonesia karena masih belum banyak masyarakat Indonesia yang mengerti saham sebagai salah satu instrumen investasi. 

Bayangkan, dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, baru sekitar 600 ribu jiwa yang sudah menginvestasikan uangnya di bursa saham. Belum populernya saham di Indonesia sedikit banyak disebabkan oleh banyaknya warga Indonesia yang masih belum mengenal saham sebagai salah satu investasi. Kurangnya pengetahuan tersebut membuat masih banyak orang yang menganggap bahwa sagam merupakan judi sehingga dianggap memiliki risiko tingga dan pasti akan menimbulkan kerugian.

Hal tersebut diimbangi dengan pola pikir masyarakat yang menganggap bahwa berinvestasi saham merupakan jalan pintas untuk mencapai kekayaan. Hal itu yang membuat meski tidak memiliki bekal yang cukup namun mereka berani untuk mempertaruhkan uangnya di pasar saham. Sebenarnya tindakan spekulatif seperti itu merupakan sebuah tindakan yang berpotensi untuk menimbulkan kerugian yang lebih besar. Sebenarnya, ketika Anda mulai berinvestasi saham maka penting bagi Anda dalam mengetahui transaksi yang cocok dengan Anda.

Cara Investasi Saham dengan Modal Kecil

Banyak orang yang memilih untuk berinvestasi dengan harapan bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka waktu panjang, tetapi perlu Anda ingat bahwa investasi selalu memiliki risiko didalamnya. Meski memiliki risiko, namun masih banyak orang yang memilih untuk berinvestasi dalam beberapa bidang, salah satunya tentu adalah saham. Saham banyak dipilih karena dianggap mampu memberikan keuntungan yang besar dalam jangka waktu panjang. Anda tertarik untuk mengikuti investasi saham namun masih bingung bagaimana cara memulainya? Berikut ini adalah beberapa cara investasi saham yang dapat Anda lakukan untuk memulai investasi saham.

Pahami Apa Itu Saham

Untuk memulai segala jenis investasi apapun, salah satu hal yang penting diperhatikan adalah Anda harus paham betul tentang dunia baru yang ingin Anda pilih tersebut, salah satunya seperti saham. Anda perlu memahami keuntungan serta risiko yang dapat terjadi di dalam investasi saham itu, tujuannya tak lain adalah agar Anda lebih siap dalam menghadapi apapun yang akan terjadi ke depannya, hal itu mengingat semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risiko yang memungkinkan untuk terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x