Maria Margaretha
Maria Margaretha Guru SD

Teaching 1...2...3. Knowledge is a power. Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Rompis, Kisah Roman SMA?

3 September 2018   04:05 Diperbarui: 3 September 2018   04:06 658 7 2
Rompis, Kisah Roman SMA?
Dok: FB Komik

Beberapa waktu lalu bersama Komunitas KOMIK, saya nobar film Rompis. Nobar ini digelar beberapa saat setelah film dirilis. 

Sayangnya, saya tidak tahu apakah film ini masih di layar atau tidak. Di Go Tix sih sudah tidak terlihat. 

Film ini diberi rating 13 tahun ke atas. Walaupun demikian saya berharap jika ada remaja 13 tahun menonton akan lebih baik bersama orang tua.

.instahu.com/
.instahu.com/
Film ini tidak terlalu panjang. Durasinya hanya sekitar 90 menit. Bercerita tentang Roman, yang setelah lulus SMA ternyata diterima kuliah di Belanda. Sementara kekasihnya, Wulan yang adalah juara sekolah tidak diceritakan melanjutkan di mana. 

Di Belanda, Roman mengalami kesulitan karena kendala bahasa dan juga tersendat dalam perkuliahannya. Walaupun dia sudah berusaha ada mata kuliah yang membuatnya kesulitan. 

Roman bertemu dan bersahabat dengan Meira, seorang mahasiswa Pascasarjana yang membantunya dalam tugas tugas karena ingin Roman membuat puisi untuknya di hari ulang tahunnya. 

Apa daya, saat ulang tahun Meira justru Wulan berkunjung ke Belanda dan Roman melupakan janjinya. 

Film ini membuat saya terpesona pada keindahan alam yang menjadi latar cerita. Negeri Belanda dengan bunga bunga, dan kanal kanal yang ada memang mempesona, bukan? 

Ada juga sejumlah kelucuan yang khas remaja dalam percakapan Roman dan sahabatnya. Gaya berbahasa yang menarik menurut saya. 

Konflik yang dibangun dalam film tidak mendalam. Sebatas kecemburuan antara Wulan dan Meira, serta urutan prioritas bagi remaja. 

Apakah Rompis bisa dijadikan hiburan? Tentu. Walaupun saya tidak yakin harus menggolongkan Rompis pada kategori film remaja SMA atau justru film mahasiswa. 

Masa masa peralihan dari SMA ke kuliah memang merupakan masa yang tidak mudah. 

Jika tidak keliru film ini diangkat dari sinetron televisi. Ringan dan menghibur. 

Terimakasih KOMIK

Salam menonton dan menulis. 

Maria

Dokpri
Dokpri