Mohon tunggu...
Maria Margaretha
Maria Margaretha Mohon Tunggu... Guru SD. Blogger.

Teaching 1...2...3. Knowledge is a power. Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

MOS Apaan sih?

3 Agustus 2015   20:25 Diperbarui: 3 Agustus 2015   20:25 0 3 5 Mohon Tunggu...

MOS katanya masa orientasi siswa baru di sekolah. Beberapa tahun belakangan ini saya mengajar di sekolah yang lumayan elit. Masa orientasi sekolah jadinya tidak seperti yang terjadi seperti masa SMA saya. Walaupun kalau saya perhatikan MOS SMA sekarang sudah lebih bukan main daripada masa saya.

Masa SMA saya MOS cuma suruh nyanyi, bikin puisi atau mengarang surat cinta buat kakak kelas yang rada ganjen dikit. Tidak ada yang namanya bawa makanan aneh aneh, dikepang entah berapa ataupun pakaian yang ajaib-ajaib. Minta tanda tangan juga palingan disuruh nyanyi. Sekedar lucu-lucuan, menguji kepercayaan diri kita. Kebetulan kalau saya sih urat malu sudah putus karena cuek abis. Jadi fun aja lah.

Agak heran juga dengan MOS di masa sekarang yang saya baca di media online. Kayaknya ngeri banget ya? Kalau yang saya lihat sih MOS di sekolah-sekolah tempat saya ngajar, kakak kelasnya masuk ke kelas-kelas, jelasin mengenai kegiatan siswa, dan OSIS, juga siswa barunya diminta kenalan sama kakak kelasnya seperti jaman saya dulu sekolah.

Guru-guru juga masuk memperkenalkan diri, menjelaskan aturan pembelajaran mereka dan sepintas mengenai diri mereka. Guru-guru nantinya menanyakan juga sehubungan dengan penjelasan itu sebelum menghadiahkan tanda tangan di buku MOS. 

Namanya sekolah elit. Kan bisa ngamuk ortu anak-anak itu kalau anaknya disuruh ini itu yang gak jelas juntrungnya?

Mestinya sih orang tua lebih proaktif kalau MOS aneh-aneh gitu bisa menyampaikan keluhan ke kepsek-nya. Kalau perlu tantangin aja mau di KOMPASIANA-in. Berani ngga tuh melanjutkan MOS aneh aneh?

Feeling saya sih pada ngeper kayaknya. Hahahahaha...

Udah gitu aja. 

Ini tulisan dibuat atas pesanan seorang kompasianers ganteng yang menang juara 2 blog competition COPA Amerika dan mau ngelelang smartphone smartfren-nya. 

Selamat hari Senin

Salam edukasi dari Jambi

Maria Margaretha

 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x