Mohon tunggu...
Sahab Anwar
Sahab Anwar Mohon Tunggu... Jurnalis - Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Tertawalah, seisi dunia akan tertawa bersamamu dan jangan bersedih karena kau hanya akan bersedih sendirian.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Manfaat Komputer bagi Mahasiswa

22 April 2020   13:54 Diperbarui: 22 April 2020   13:51 3177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.Keuntungan dan kerugian penggunaan computer ?
Keuntungan :
a.Menghemat biaya.
b.Memudahkan proses komunikasi
c.Memudahkan proses administrasi.
d.Memudahkan proses transaksi.
e.Memudahkan komunikasi jarak jauh.
f.Mempercepat pekerjaan manusia.
g.Menyediakan lahan pekerjaan baru.
h.Mendukung proses globalisasi dan membuat dunia tanpa batas.
Kerugian :
a.Membuat lupa waktu dan boros listrik.
b.Komunikasi menjadi hampa.
c.Menimbulkan penyakit.
d.Membuat malas beraktivitas.
e.Penyalahgunaan masalah keuangan.
f.Membuat anak meniru kejahatan baru.
g.Penyalahgunaan tindak criminal asusila.

2.Peranan dan manfaat teknologi informasi bagi mahasiswa  ?
Peranan : Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom atau classroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board.
Manfaat : pusat kegiatan mahasiswa, chat/dikusi dalam grup, system administrasi dan pedalaman materi serta ujian.

3.Kegunaan dan manfaat internet di bidang pendidikan, perekonomian dan pemerintah  ?
Pendidikan :
a.Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer
b.Sebagai Sarana Komunikasi atau bertukar informasi yang mengenai tugas atau yang lain.
c.Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti diSekolah
d.Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan: Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan
Perekonomian :
a.Menjadi Media Iklan
b.Menyediakan Fasilitas Transaksi Keuangan Online
c.Menyediakan Peluang Kerja di Bidang Teknologi Informasi
d. Menyajikan Pergerakan Harga
e.Mempermudah Komunikasi Bisnis
Pemerintahan:
a.Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan Aspirasi Masyarakat.
b.Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan.
c.Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah
d.Melalui media Internet dapat dimanfaatkan untuk Mengundang turis baik turis domestik maupun turis mancanegara Biasanya website yang dikelola pemerintah, menyediakan halaman mengenai objek wisata di daerahnya.
e.Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri. Berkat website yang dikelola pemerintah, para investor dapat melihat-lihat sesuatu yang dapat diinvestasikan.

4. a.  Cold Booting
"Proses menghidupkan komputer saat komputer dalam keadaan dingin (mati)."
    b. Warm Booting
"Proses menghidupkan komputer saat komputer dalam keadaan menyala atau istilah lainnya reboot/restart."
5. Unit pemroses, mengendalikan operasi computer dan melakukan fungsi pemrosesan data yang terdiri dari ALU, CU, Register.
Pemroses (CPU) merupakan otak dari system komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data , menghitung opersi logik dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi.
Main memory menyimpan data dan program dan bersifat volatile.
Memory utama yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
1.Register dan buffer (terdapat didalam CPU).
2.ROM (Read Only Memory) : BIOS, EPROM.
3.RAM (Random Access Memory).
4.SRAM (Static RAM).
5.Internal Cache Memory.
6.Eksternal Cache Memory.
7.DRAM (Dynamic RAM).
8.FPM (First Page Memory).
9.EDO(Extend Data Out).
10.SDRM (Syncronous Dynamic).
11.DDR (Double Date RAM).
RAMBUS.
Secondary Memory (Storage Devices) Memori penunjang, dibagi menjadi 2 bagian :
1.Sequential Access: Magnetic Tape.
2.Random Access: Disket, Hardisk, Compact Disc, Digital Verstile Disk (DVD).
Perangkat masukan dan keluaran memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.
Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian:
1.Perangkat Masukan, Perangkat yang berfungsi sebagai masuknya data pada komputer untuk diproses.
2.Perangkat Keluaran, Perangkat yang berfungsi sebagai keluar/tampilannya data yang telah diproses oleh komputer.
3.Perangkat pengendali, Perangkat yang dikendalikan oleh chip controller yang mengatur masuknya data dan keluarnya data dari komputer ke peripheral.
4.Interkoneksi antar komponen struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara pemroses -- main memory -- perangkat masukan dan keluaran.
5.Interkoneksi antara CPU, memori dan perangkat masukan / keluaran dihubungkan oleh BUS, yang dibagi menjadi 3 BUS : Bus alamat (Address bus), Bus data (Data bus), Bus control ( control bus).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun