Mohon tunggu...
antung apriana
antung apriana Mohon Tunggu... Administrasi - ibu bekerja dengan 2 anak

working mom with 2 children, blogger www.ayanapunya.com

Selanjutnya

Tutup

Film

Review 20th Century Girl, Cerita Manisnya Cinta Pertama

26 Oktober 2022   15:15 Diperbarui: 27 Oktober 2022   08:13 2140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai salah satu generasi 90-an, pastinya ada rasa nostalgia ketika saya menyaksikan drama atau film dengan setting di sekitar tahun tersebut. Jika di awal tahun 2022 ini ada 2521 yang mewakili drama untuk generasi 90-an, maka di bulan Oktober hadir juga film dengan nuansa yang sama berjudul 20th Century Girl yang dibintangi oleh Kim Yoo Jung. Katanya sih film ini juga mengingatkan penonton pada film remaja ikonik angkatan 2000 yakni Ada Apa dengan Cinta?

Film 20th Century Girl sendiri berkisah tentang kisah cinta dan persahabatan yang dialami oleh Na Bo Ra saat dirinya duduk di bangku SMA di tahun 1999. Na Bo Ra yang ayahnya adalah seorang pemilik rental DVD memiliki sahabat bernama Kim Yeon Doo. Karena kondisi jantungnya yang bermasalah, Yeon Doo harus berangkat ke Amerika untuk melakukan operasi. Sebelum berangkat ke Amerika, Yeon Doo memberikan mandat kepada Bo Ra untuk mencari tahu tentang Baek Hyun Jin, pemuda yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama yang juga bersekolah di tempat yang sama dengan mereka.

Sesuai dengan permintaan sahabatnya, Bo Ra pun mulai menjalankan aksinya untuk mencari tahu segala informasi tentang Hyun Jin. Mulai dari tinggi badannya, kesukaannya, hingga juga klub yang akan diikuti Hyun Jin di sekolah. Semua informasi ini dikirimkan Bo Ra lewat email yang mereka buat bersama sebelum Yeon Doo pergi ke Amerika. Untuk bisa lebih mengenal Hyun Jin, Bo Ra juga mendaftar di klub yang akan diikuti Hyun Jin yakni penyiar.

Sayangnya karena satu alasan Hyun Jin batal mendaftar di klub tersebut. Sebagai gantinya, Bo Ra bertemu dengan Poong Woon Ho, sahabat dari Baek Hyun Jin. Berkat bantuan Woon Ho, Bo Ra akhirnya bisa mendapatkan nomor pager dari Hyun Jin sehingga Yeon Doo bisa mengirimkan pesan kepadanya. Rupanya Hyun Jin mengira pesan tersebut dari Bo Ra dan mengajak Bo Ra untuk jadian.  

Atas dasar kesetiaan pada sahabatnya, Bo Ra dengan terang-terangan menolak Hyun Jin. Selain itu dia juga memang tidak memiliki perasaan apapun pada Hyun Jin. Justru sebaliknya, jantungnya berdetak kencang saat bersama-sama dengan Woon Ho yang satu klub penyiaran dengannya. Gayung pun bersambut karena Woon Ho diam-diam juga menyukai Bo Ra.

Di tengah mekarnya perasaan antara Bo Ra dan Woon Ho, Yeon Doo kembali ke Korea setelah menjalani operasi jantung. Nah, di sinilah konflik baru muncul karena ternyata sosok yang disukai oleh Yeon Doo adalah Woon Ho. Rupanya terjadi sedikit kekeliruan saat Yeon Doo pertama kali bertemu dengan Woon Ho sehingga mengira pemuda itu sebagai Hyun Jin. Bagaimanakah akhir dari kisah cinta segitiga antara Bo Ra, Woon Ho dan Yeon Doo ini? Apakah Bo Ra akan mengalah untuk Yeon Doo dan melepaskan cinta pertamanya demi sebuah persahabatan?

***

Menonton film 20th Century Girl ini pastinya membuat saya cukup bernostalgia. Apalagi Bo Ra juga satu angkatan dengan saya yakni angkatan 99. Kisah cinta yang sebenarnya sangat klise dan cukup sering diangkat dalam film ini disajikan dengan cukup manis oleh 20th Century Girl. Jangan lupa juga ada adegan ala AADC di film ini saat Bo Ra dan Hyun Jin harus berpisah untuk beberapa waktu. 

Bagian yang paling menohok dari film ini tentunya di bagian akhir ketika akhirnya Bo Ra mendapatkan jawaban dari pertanyaannya selama 20 tahun. Pastinya setelah mengetahui jawaban tersebut ada rasa lega di hati Bo Ra dan bisa melepaskan cinta pertamanya dengan ikhlas. Satu pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini adalah berpisah tanpa tahu kabar itu menyakitkan dan membuatmu sulit melanjutkan hidup. 

Demikian review dari film 20th Century Girl. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun