Mohon tunggu...
Antonie Prasetyo
Antonie Prasetyo Mohon Tunggu... Sunat Hipnotis Pemalang

Aku adalah seorang perawat. Sunat Hipnotis adalah salah satu metode sunat/khitan dengan memadukan dengan keilmuan hipnosis (hipnoterapi) dengan tujuan menciptakan rasa nyaman dan aman pada anak. Selain itu metode ini dimanfaatkan juga untuk menangani ketakutan yang berlebihan (cemas) serta untuk mencegah terjadinya trauma psikis pada anak sebelum dan sesudah proses sunat/khitan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Layanan Disdukcapil dalam Kondisi Wabah

7 April 2020   18:36 Diperbarui: 7 April 2020   18:45 5 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Layanan Disdukcapil dalam Kondisi Wabah
antrian disdukcapil saat wabah Covid 19 (dokpri)

Data kependudukan merupakan sesuatu yang sangat penting dimiliki oleh kita sebagai warga negara. Dari akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan lain sebagainya.

Sebagai warga negara tentunya sangat ingin mendapatkan kemudahan dalam rangka memiliki data kependudukan. Baik pada saat pembuatan maupun perbaikan data atau perpanjangan. 

Dalam situasi wabah covid-19 seperti sekarang ini, mengacu pada kebijakan pemerintah maka diberlakukan Work From Home (WFH), dan secara otomatis masyarakat yang mau membuat ataupun melakuka.n perbaikan data kependudukan memiliki kendala. 

Kendala banyak ditemui oleh mereka yang kurang update informasi dari Disdukcapil. Disdukcapil sendiri memberlakukan layanan online dalam melayani semua data kependudukan.

Antrian masyarakat nampak didepan pintu gerbang yang dijaga oleh security. Sebuah pemandangan yang menurut penulis kurang manusiawi. Hal ini karena sebagai tempat layanan masyarakat akan tetapi masyarakat harus mengantri didepan pintu gerbang tanpa ada atap dan tempat duduk sama sekali. 

Terlihat seorang ibu sambil menggendong anaknya harus bersusah payah menunggu giliran untuk merubah data kependudukan guna mengurus persyaratn BPJS.

Memang sih dinas ini mengikuti aturan pemerintah dengan memberlakukan WFH, akan tetapi dengan pemberian pelayanan langsung ke masyarakat seyogyanya dipikirkan setidaknya ada tempat duduk untuk menunggu proses dokumen keepndudukan yang diperlukan. 

Seperti halnya penulis, harus menunggu selama kurang lebih 1 jam untuk legalisir akta kelahiran, ktp dan kk milik anak guna keperluan melanjutkan pendidikan.

Harapannya semoga wabah cepat berakhir dan setiap kantor pemberi pelayanan langsung ke masyarakat bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin. Untuk harapan jangka pendek disaat wabah seperti saat ini semoga bisa disediakan setidaknya tempat duduk untuk mengantri proses dokumen kependudukan yang diperlukan. 

Salam Sehat untuk Pemalang Hebat.

KBC-41

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x