Mohon tunggu...
Antonius Wirangga
Antonius Wirangga Mohon Tunggu...

agroteknologi, Universitas Kristen Satya Wacana Semoga bermanfaat cuyy 😁😁

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Jahe Rasa Jingkol Penghangat Tubuh

10 Januari 2019   11:09 Diperbarui: 10 Januari 2019   11:41 0 1 0 Mohon Tunggu...
Jahe Rasa Jingkol Penghangat Tubuh
Dokumentasi pribadi

Dusun Jingkol merupakan daerah yang berada di Desa Sepakung. Mata pencaharian masyarakat Dusun Jingkol mayoritas adalah sebagai pekerja buruh. Sedangkan untuk sektor pertanian sangat sedikit, hal ini dikarenakan banyak sekali hama berupa kera sehingga lahan mereka hanya ditanami jahe yang dapat dipanen jangka panjang. Oleh karena itu, dengan meningkatkan inovasi kuliner diharapkan mampu membantu petani untuk memperoleh alternatif pemasukkan bagi keluarganya.

Program pembuatan sirup jahe dilakukan melalui kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera UPPKS Dusun Jingkol Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Program ini dilakukan bersama anggota UPPKS Dusun yang diketuai oleh Ibu Retno yang keseluruhan angota berjumlah 11 orang dan keseluruhan anggota tersebut adalah ibu-ibu rumah tangga. UPPKS Dusun Jingkol memiliki produk ciri khas dusun yakni Jahe Kristal.

Produk jahe Kristal yang diproduksi oleh ibu-ibu UPPKS Dusun Jingkol masih berupa produk dengan kemasan sederhana dan hanya dipasarkan di sekitar Dusun Jingkol dengan produksi terbatas. 

Mahasiswa KKN Fakultas Pertanian dan Bisnis memberikan ilmu berupa cara pengemasan yang baik dan pemasaran yang baik sehingga produk ini dapat di pasarkan dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih tahan lama. Kelompok KKN dusun Jingkol membuat desain kemasan dan penambahan kemasan mengunakan pengemas alumuniumfoil dan diberikan desain kemasan yang menarik.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Kelompok KKN Dusun Jingkol juga memberikan ilmu pembuatan produk olahan berupa sirup jahe dengan nama pasar "SI JAE". Produk ini dibuat bersama ibu-ibu rumah tangga yang tergantung dalam anggota UPPKS produk olahan yang dibuat hasil akhirnya adalah wedang jahe yang memiliki komposisi rempah-rempah pilihan yang berada didalam dusun  sehingga bahan-bahan pembuat sirup jahe mudah didapat dan tersedia didalam dusun yang mayoritas warga dusun Jingkol menanam tanaman Jahe dengan dua jenis jahe yang ditanam yakni jahe merah ( Zingiber officinale Linn. var. rubrum) dan  Jahe putih kecil atau Jahe Emprit (Zingiber officinale). 
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

KONTEN MENARIK LAINNYA
x