Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bagaimana Berbicara dengan Orang Lain Agar Nyaman?

8 Desember 2021   14:42 Diperbarui: 8 Desember 2021   16:45 189 33 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi www.pexels.com

Kadang tidak semua pembicaraan dapat disampaikan dengan apa adanya maupun asal bicara, terkadang pula tidak semua orang mampu menerima gaya komunikasi yang seadanya disampaikan saat berbicara.

Orang yang akan berbicara dituntut pula agar mampu menyampaikan pembicaraannya secara nyaman terhadap pendengarnya, sehingga dapat diterima dengan baik oleh partner bicaranya maupun audien yang menyimak bicaranya.

Nah, selanjutnya bagaimana caranya agar memperoleh kemampuan berbicara yang baik, lembut, dan memukau pendengar?

Bagaimana pula agar bisa dengan tenang meramu kata-kata yang dapat meninggalkan kesan yang indah?

Jika bisa menjawab kedua pertanyaan itu, berarti anda telah mempunyai modal untuk bisa berhasil dalam bermasyarakat secara sosial.

Nih, ada beberapa cara yang bisa membuat pembicaraan anda memikat para pendengar, dengan melalui cara-cara ini dijamin anda bisa mengutarakan kata-kata kepada mereka tanpa adanya penolakan sedikitpun.

Cara pertama, batasi tema pembicaraan. Dengan mencari tema yang disukai orang, anda tentunya akan mudah berbicara kepada mereka secara tenang. Andapun dapat memilih dan membatasi materi yang memengaruhi perhatian anda dan para pendengar, akan tetapi jangan pula melanggar batas-batas itu ketika berbicara.

Jikalau anda melanggarnya maka akan kesulitan untuk kembali ke pokok yang telah ditentukan sebelumnya. Hal seperti itu akan membuat anda kesulitan menemukan arah pembicaraan dan menyelesaikannya dengan baik pembicaraan yang sudah dimulai itu.

Jangan memilih tema-tema yang panjang, lebih baik anda mencoba menampilkan pokok permasalahan dengan kata-kata yang terbatas supaya pendengar tidaklah merasa bosan terhadap pembicaraan anda.

Untuk itu, pilihlah tema yang spesifik dan pendek yang disesuaikan dengan waktu yang ada. Sebab, merupakan sesuatu hal yang mustahil menggabungkan beberapa tema yang diperdebatkan dalam satu waktu. Sebab kalau anda berbicara lebih dari satu tema, maka perkataan anda tidak akan teratur dan terkesan kemana-mana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan