Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kalahkan Rasa Takut Saat Berceramah

2 November 2021   11:50 Diperbarui: 4 November 2021   16:27 186 39 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Ceramah (Sumber:https://news.detik.com)

Penceramah adalah seseorang yang tampil dihadapan umum, menyampaikan pembicaraan terkait topik yang dibahasnya pada waktu itu, dengan di hadiri banyak orang.

Apakah anda pernah tampil berceramah dihadapan umum, lantas apa yang dirasakan saat tampil itu?

Tentu, peranan rasa percaya diri saat tampil sangat berpengaruh dalam menghilangkan perasaan takut, minder dan tidak percaya diri ketika berceramah dihadapan orang banyak.

Jikalau anda ternyata salah satu dari mereka yang takut untuk berceramah dihadapan umum, sebenarnya bukanlah satu-satunya orang yang memiliki perasaan seperti itu.

Orang yang terbiasa tampil diatas panggung untuk memerankan peran, mereka pun pernah mengalami rasa takut itu. Namun dengan cepat rasa takutnya segera hilang ketika berada diatas panggung. Dia pun menjadi lancar saat berceramah sesuai dengan peranannya.

Munculnya rasa takut itu sebenarnya sangat bermanfaat, sebab dapat mendorong seseorang terhadap perasaan tanggungjawab di hadapan pendengarnya.

Oleh karena itu jika merasakan detak jantung yang bertambah cepat, dan timbul rasa bangga maka janganlah kaget maupun bersedih. Karena perihal tersebut memiliki arti bahwa kondisi anda sedang siap dalam menerima pengaruh-pengaruh dari luar sana.

Namun dengan syarat kesiapan psikologis berada dalam batas-batas yang normal, perihal itu akan membuat anda berfikir yang lebih cepat serta berbicara dengan lebih lantang dan elegant.

Para penceramah yang sudah handal dan profesional menegaskan bahwa mereka tidak dapat terbebas sama sekali dari perasaan takut saat berbicara di hadapan orang banyak.

Penceramah yang menyangka dirinya adalah orang yang tenang, malah akan dihantui oleh berbagai perasaan waswas, dengan begitu maka dirinya tidak bisa bebas berbicara dan sulit dalam mendapatkan inspirasi maupun ilham dalam bertutur kata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan