Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

3 Kaidah yang Pantas Diketahui Seorang Pembicara

2 Oktober 2021   12:42 Diperbarui: 2 Oktober 2021   12:48 151 34 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
www.pexels.com/icsa via kompas

Pernahkah suatu hari seorang teman menemui untuk sekedar mengajak berbicara dan membuat anda melupakan semua pikiran yang mengusik akal pikiran?

Apakah anda mendengarkan semua yang dia bicarakan dengan penuh perhatian dan tanpa memotongnya? Apakah anda memikirkan tema yang dia bicarakan, meskipun tema itu hanya untuk dirinya?

Dalam salah satu webinar yang pernah kami hadiri, sekelompok sastrawan dan kaum ibu ikut serta waktu itu. Perhatian kami tertuju pada para pembicara yang menarik perhatian orang dengan kata-kata mereka. 

Bagaimana bisa mereka memiliki perasaan dan pemikiran yang kami dengar? kenapa itu bisa terjadi?

Jawabannya sederhana, mereka dapat membuat pembicaraan menjadi lebih menarik dan efektif hanya dengan kata-kata mereka tentang pengalaman saat bertemu dengan anak-anak serta ketika mereka berbahagia.

Mereka tidak berfikir bahwa mereka hanya berbicara dengan bahasa yang jelas. Namun mereka dapat memengaruhi telinga-telinga pendengarnya. Jujur, terus terang, apa adanya dan menggunakan sudut pandang kemanusiaan, itulah yang mereka bicarakan.

Ada 3 kaidah yang pantas diketahui seorang pembicara dan cara-cara yang bisa membuat seseorang pembicara menjadi cakap dalam berkata-kata serta bisa menarik perhatian orang lain.

Kaidah pertama, bicarakan tentang sesuatu yang anda alami. 

Seseorang yang menceritakan pengalamannya kepada orang lain dengan jujur tidak akan membuat pendengarnya bosan. Hal itu disebabkan dia mengatakan yang dia tahu, yaitu tentang kehidupan.

Justru dengan begitu dirinya dapat memengaruhi orang lain. Maka dari itu bicaralah tentang pelajaran hidup. Niscaya orang lain akan menjadi pendengar yang setia dan ikhlas. Selain itu, carilah tema-tema kemanusiaan yang tidak memaksa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan