Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Apakah Anda Memilih Kata-kata Sebelum Mengucapkannya?

20 September 2021   09:46 Diperbarui: 24 September 2021   16:31 95 21 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apakah Anda Memilih Kata-kata Sebelum Mengucapkannya?
Pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent

Apakah pernah terfikir untuk memilih kata-kata sebelum mengucapkannya?

Barangkali kita pasti mengetahui, bahwa kata-kata merupakan kekayaan satu-satunya yang benar-benar di miliki oleh setiap umat manusia. 

Namun kekayaan tersebut seringkali tidak kita gunakan sebagaimana mestinya. Dengan kata lain, hanya menggunakan sedikit bagian dari kata-kata yang jumlahnya berjuta-juta itu. Barangkali pula jika memikirkan kata-kata yang akan digunakan sebelum mengucapkannya dan memilih kata-kata dengan baik serta sesuai, niscaya kehidupan akan banyak berubah menjadi lebih baik.

Para pembicara hebat, telah menggunakan kekuatan kata-kata untuk mempengaruhi manusia, membakar perasaan orang lain, mampu menggerakan banyak orang, bahkan mendorong masa yang begitu banyak untuk berjuang.

Berkat kata-kata, mereka juga dapat mengubah perasaan orang lain yang tadinya negatif dan individual menjadi lebih positif lagi. Bagi sebagian orang kata-kata yang baik dan bijak bisa membuat mereka memiliki semangat untuk hidup dan terus maju.

Melalui pemilihan kata-kata yang baik dan efektif dapat menguatkan perasaan orang yang berbicara. Barangkali mereka yang berbicara tanpa memilih kata-kata sebelum mengucapkannya bisa dikatakan perumpamaan orang-orang yang berjalan dalam tidur, mereka tidak mengetahui arahnya kemana ia pergi.

Yakinlah bahwa kata-kata yang kita pilih dengan baik akan berdampak secara positif dalam diri kita sendiri ketika kita beraksi, dengan demikian rasa percaya diri akan muncul dengan sendirinya jika sedang bersosialisasi  maupun berinteraksi.

Sebaliknya kata-kata yang tidak terpilih dengan baik dapat menyakiti saudara-saudara kita. Atau bahkan hal itu bisa membakar diri kita sendiri, jika kita terus saja membiarkan kebiasaan memilih kata-kata yang tidak baik, berarti telah menyia-nyiakan kekayaan yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT.

Akibatnya kekayaan yang kita miliki, bisa lenyap dengan sia-sia. Saat itulah perbendaharaan kata akan terus melemah dan semakin menjadi susah dan miskin yang pada gilirannya kita hanya bisa menggunakan kata-kata tanpa disertai oleh pemikiran yang panjang dan terarah.

Untuk menghindari hal-hal menakutkan itu, tentunya kita harus dapatlah membiasakan diri untuk memilih kata-kata yang baik dan cemerlang. Namun ingat, bahwa kata-kata yang menyenangkan itu harus disertai dengan ketulusan hati dan tidak basa-basi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan