Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pembicaraan Kita Menunjukan Kepribadian Sendiri

28 Agustus 2021   12:14 Diperbarui: 4 September 2021   20:32 152 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembicaraan Kita Menunjukan Kepribadian Sendiri
www.pexels.com

Setiap orang memiliki karakter diri masing-masing, dari karakter ini munculah yang biasa disebut dengan kepribadian seseorang yang dapat diketahui melalui dialog baik yang dilaksanakan serius maupun santai, perihal ini merupakan cara terpenting untuk mengetahuinya. 

Sayangnya kebanyakan orang masih saja kurang memperdulikannya, sedikit sekali yang ingat bahwa melalui dialog yang dilakukan secara langsung akan terlihat sebuah bentuk kepribadian yang muncul lewat pembicaraannya.

"Pembicaraan kita menunjukan kepribadian sendiri". Ya begitulah adanya, karena melalui pembicaraan itu dapat terlihat pola pikir dan kepribadiannya. Saat bicara sambil memunculkan pemikiran yang disampaikan seseorang merupakan cerminan dari sebuah karakter maupun kejiwaan.  

Sangat penting untuk dipahami bahwa dari pembicaraan yang di sampaikan khususnya disaat berdialog atau berdiskusi dengan orang lain, akan mudah sekali terlihat bagaimana karakter yang sebenarnya.

Kurangnya perhatian seseorang terhadap ilmu pengetahuan dan beragam informasi yang benar dapat membawa kepada kebodohan dan pola pikir yang sempit karena tidak luasnya wawasan yang dimiliki.

Oleh karena itu banyak membaca, mengamati dan menganalisa seputar informasi, dapat memberikan kesempatan dalam memperoleh pengetahuan dan tema-tema yang mungkin bisa menjadi bahan perbincangan bersama orang lain. Apapun bentuk pembicaraan, hal itu akan menunjukan kematangan berfikir dan keluasan wawasan yang di miliki.  

Cara terbaik yang harus di ikuti adalah berusaha mengumpulkan tema-tema yang tentunya di senangi oleh rekan-rekan dan teman-teman. Dengan begitu, apabila anda berada dalam sebuah forum diskusi bersama mereka akan mampu menarik perhatian dan mempengaruhi mereka dengan tema-tema yang mereka sukai.

Sebaiknya, hindari  perdebatan dan jangan pernah cepat bosan terhadap pembicaraan orang lain, perhatikan pula perasaan orang lain dan jangan pernah membuka suasana perdebatan sekitar pendapat serta pemikiran mereka itu.

Selain itu, jangan pula menjadi orang yang mudah merasa tersinggung dengan kritikan membangun yang diarahkan. Oleh karena itu sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya kritik dahulu diri sendiri sebelum orang lain mengkritiknya.

Percayalah, apabila dapat menghindari tutur kata yang tidak baik dalam berbicara dan segera menutupi dan memperbaikinya, maka akan mendapatkan kemajuan dalam seni berbicara serta berdialog dengan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan