Mohon tunggu...
Dr dr M N Ruky M Kes Apt Sp GK
Dr dr M N Ruky M Kes Apt Sp GK Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Dokter

Professional Medicine, Apoteker, Nutrition and Leadership

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Cantik dan Sehat dengan Kolagen

2 Maret 2024   18:26 Diperbarui: 4 Maret 2024   10:37 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi makanan yang mengandung kolagen. Sumber: Fascinadora via KOMPAS.com

Oleh Dr. dr. Muh. Nasir Ruki Al Bugisy, S.Si, M.Kes, Apt, Sp.GK, CAHR, CELM, COCM, FIHFAC

Kolagen merupakan jenis protein dalam tubuh manusia. Fungsinya, membentuk dan menjaga tulang, sendi, otot, dan organ lain.  Tubuh sebenarnya bisa memproduksi kolagen sendiri melalui proses biosintesis kolagen di sel-sel fibroblas...

Namun, seiring pertambahan usia, kemampuan tersebut dapat menurun sehingga kulit pun menjadi lebih kendur dan muncul keriput. Maka dari itu, pemenuhan kolagen dari luar diperlukan.  Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi tersebut.

Sumber makanan yang kaya kandungan kollagen diantaranya daging dan kaldu tulang ayam, tulang rawan, ikan, putih telur, kacang-kacangan, sayuran seperti brokoli dan tomat, serta buah sitrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon.

Terpenuhinya kollagen dan nutrisi tubuh akan nampak pada kulit. kulit yang sehat bukan hanya hasil dari perawatan luar, tetapi juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang kita konsumsi. Selain yang Penulis sebut di atas, beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan memberikan pengaruh pada kulit agar senantiasa  tetap sehat dan berkilau, secara khsusu penulis sebutkan:

  • -Buah-buahan Beri dan Antioksidan : Buah-buahan beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung antioksidan tinggi yang membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi udara.
  • Sayuran Hijau Berdaun : Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung vitamin A, C, dan E yang esensial untuk kesehatan kulit. Vitamin A membantu regenerasi sel kulit, vitamin C merangsang produksi kolagen, dan vitamin E memberikan perlindungan dari kerusakan radikal bebas.
  • Ikan Berlemak : Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan mendukung elastisitas kulit.
  • Teh Hijau : Teh hijau mengandung polifenol dan katekin, antioksidan kuat yang dapat membantu melawan peradangan dan meredakan kemerahan pada kulit. Minum teh hijau secara teratur juga dapat membantu menjaga hidrasi kulit.
  • Alpukat : Alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E, yang membantu menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Konsumsi alpukat juga dapat memberikan nutrisi esensial untuk pertumbuhan sel kulit baru.
  • Air Putih : Kelembapan kulit juga sangat tergantung pada asupan cairan yang cukup. Minum air putih membantu menjaga hidrasi kulit dari dalam, membersihkan toksin, dan meningkatkan tekstur kulit.
  • Biji-bijian Utuh : Biji-bijian utuh seperti quinoa, beras merah, dan oatmeal mengandung vitamin B kompleks, zinc, dan serat yang mendukung regenerasi sel kulit, mengurangi peradangan, dan menjaga keseimbangan hormon.


Selain dari makanan, kebutuhan kolagen juga bisa dipenuhi lewat konsumsi suplemen berkolagen yang tersedia dalam berbagai sediaan. Misalnya, kapsul, minuman serbuk, dan kemasan ready-to-drink.

Berdasarkan penelitian suplemen kolagen atau kolagen terhidrolisis memiliki kelebihan ketimbang kolagen alami. Salah satunya, lebih mudah diserap oleh tubuh karena molekulnya lebih kecil dan larut dalam air.  Dengan kemampuan seperti itu, artinya suplemen kolagen dapat memberikan hasil optimal.

Suplementasi hydrolyzed collagen dapat meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Efek tersebut akan semakin maksimal jika suplemen dikonsumsi jangka panjang ketimbang penggunaan jangka pendek.

Perlu dipahami, karena berbahan dasar kolagen, maka fungsi utama suplemen kolagen adalah sebagai antiaging. Efek mencerahkan kulit hanyalah bonus dari bahan-bahan lain yang terkandung di dalamnya. ( seperti vitamin C dan E, glutathione, lycopene, ekstrak biji anggur, dan ekstrak chamomile).

Sobat sehat...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun