Ekonomi

Apa Itu Internet Marketing Serta Bagaimana Cara Penerapannya

3 April 2017   00:27 Diperbarui: 3 April 2017   01:14 668 0 1

Ada sebagian dari kita yang mungkin masih awam dengan apa itu internet marketing, dan media apa saja yang digunakan untuk menjalankan internet marketing ini. Secara mudah internet marketing bisa kita terjemahkan sebagai usaha untuk mempromosikan barang melalui media internet. Seperti, proses branding, promosi, penjualan, dan customer service.

Masih banyak para pengusaha atau pebisnis yang belum merambah ke dunia Internet. Padahal jika kita lihat dari pertumbuhan pengguna internet Indonesia, maka promosi atau bisnis melalui media internet bisa memberikan peluang yang lumayan besar.Seperti yang kita ketahui bahwa, pengguna internet Indonesia saat ini telah mencapai angka seratus juta lebih, dan terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Untuk memahami secara lebih mudah apa itu internet marketing, kita bisa menyamakan terlebih dahulu dengan pengertian marketing offline seperti biasa, yang membedakan hanyalah medianya dan cara pelaksanaannya.

Secara umum platform atau media yang digunakan dalam menjalankan internet marketing adalah sebagai berikut.

1. Web Marketing

Web marketing merupakan kegiatan untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan website. Artinya, pebisnis menggunakan lapak website sebagai tempat berkumpul para calon pembeli, pelanggan, atau untuk melayani pelayanan konsumen.

Untuk mendatangkan visitor ke website bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan menggunakan :

a. Mendatangkan trafik dari search engine

Mendatangkan trafik dari search engine merupakan metode yang paling digemari, dimana visitor akan datang ke website anda melalui media search engine seperti Google, Yahoo, Msn, Bing dan lain sebagainya. Metode ini memang membutuhkan beberapa keahlian agar website atau lapak anda dikunjungi oleh konsumen. Ilmu untuk mempelajari metode ini disebut dengan SEO bagi para blogger.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda mampu mendatangkan visitor dalam jumlah yang besar. Hanya saja teknik ini biasanya butuh waktu dan butuh usaha yang rutin pula agar hasil yang anda peroleh bisa memuaskan.

Untuk jenis website pun bisa kita bagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti blog pribadi, e comerce ( toko online ) dan masih banyak lagi, Anda hanya perlu mempelajari masing - masing jenis website tersebut untuk melakukan promosi bisnis Anda.

Membuat website sekarang inipun terbilang cukup mudah, karena banyak platform cms yang sangat membantu dalam proses design website atau blog Anda. Untuk jasa hosting dan nama domain memang harus membayar sewa. Anda cari layanan hosting yang memang menawarkan harga sekaligus kualitas yang baik.

b. Mendatangkan trafik dengan Media Iklan

Untuk mendatangkan trafik ke website Anda dengan metode iklan cenderung membutuhkan modal yang lumayan. Penerapan iklan harus disertai dengan teknik branding agar visitor ke website bisa datang kembali. Selain itu, teknik seo seperti yang telah saya sebutkan pada poin a sebenarnya harus juga diterapkan agar suatu saat anda tidak lagi butuh iklan untuk mendatangkan visitor website.

Media yang bisa digunakan pun banyak diantaranya Google Adword, Facebook Ads, Yahoo advertising dan lain sebagainya. Dengan memasang iklan pada jasa mereka, maka visitor yang datang bisa tertarget sesuai dengan keinginan yang anda mau. Maka dari itu coba pelajari terlebih dahulu, bagaimana cara membuat landing page, membuat halaman promosi dan membuat lapak website Anda.

B. Social Media Marketing

Teknik ini sebenarnya masuk kedalam promosi atau iklan dengan menggunakan media social seperti google plus, facebook, instagram dan lain sebagainya. Yang membedakan adalah, anda tidak menggunakan website sebagai lapak. Tetapi alangkah baiknya agar terlihat profesional Anda tetap menyediakan website sebagai media utama.

Kelebihan dengan metode ini telah saya sebutkan diatas, dimana anda bisa menargetkan iklan untuk user yang seperti apa. Sehingga Anda bisa melakukan riset metode atau jenis target seperti apa yang bisa Anda terapkan dalam jangka panjang setelah melalui beberapa percobaan yang pernah Anda buat.

C. Email marketing

Email marketing bisa menjadi suatu jurus ampuh yang bisa Anda gunakan. Emali marketing merupakan teknik atau cara untuk mengumpulkan list daftar calon konsumen maupun pelanggan Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2