Mohon tunggu...
Antika Tafrijiyah
Antika Tafrijiyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Pancasakti Tegal

Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Pancasakti Tegal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Google Classroom

7 Desember 2020   19:17 Diperbarui: 7 Desember 2020   19:35 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Google Classroom

Di masa sekarang, di zaman yang serba modern apalagi di tengah kondisi yang terdampak Covid-19, peran teknologi dalam berbagai aspek kehidupan semakin meningkat. Khususnya di bidang pendidikan.

Tak terasa, sejak bulan Maret sampai saat ini sistem pembelajaran di Indonesia sudah melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran di sekolah di berlangsungkan dengan cara daring (online).

Sekarang sudah banyak aplikasi yang di gunakan oleh tenaga pendidik untuk mendukung penyampaian pembelajaran. Aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring salah satunya adalah Google Classroom. Mungkin bagi anda sekalian yang sedang menekuni atau bahkan sudah terjun dalam dunia pendidikan sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini.

Google Classroom adalah sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh google untuk sistem pembelajaran secara online, aplikasi ini juga bertujuan untuk menyederhanakan, pendistribusian, dan penetapan tugas tanpa menggunakan kertas.

Google Classroom merupakan platform aplikasi pembelajaran campuran online yang dapat digunakan secara gratis. Pengajar dapat membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas atau undang siswa.

Google Classroom bertujuan untuk membantu di semua lingkup pendidikan yang membantu siswa menemukan atau mengatasi kesulitan belajar, membagikan pelajaran dan tugas tanpa harus berpartisipasi di kelas secara tatap muka.

Untuk membuat Google Classroom ini sangat mudah dan praktis. Seseorang yang ingin membuat akun Google Classroom hanya membutuhkan modal berupa akun google dan internet. Cara membuatnya cukup mudah yaitu hanya dengan mengaitkan akun google anda dengan Google Classroom. Berikut langkah-langkah untuk membuat akun Google Classrooom:

  • Buka browser dan kunjungi https://classroom.google.com untuk melihat halaman Google Classroom. Pastikan anda sudah login GMail di perangkat tersebut supaya lebih mudah
  • Anda akan melihat halaman utama Google Classroom. Jika anda belum login Gmail, silakan klik tombol SIGN IN di bagian tengah halaman tersebut maka akan membuka halaman login GMail, silahkan login akun GMail yang ingin digunakan.
  • Karena belum pernah membuat akun Google Classroom, akan ada pertanyaan apakah akun tersebut ingin dikaitkan dengan Google Classroom, klik tombol Continue untuk menyetujui dan melanjutkan.
  • Selesai, anda sudah berhasil memiliki akun Google Classroom. Selanjutnya, silahkan ikuti kelas kamu atau mulai membuat kelas.

Google Classroom memiliki beberapa komponen yang terdiri dari, forum (stream), tugas kelas (class work), anggota (people), dan nilai. Kita akan bahas masing-masing bagian dari tiap komponen google classroom.

Yang pertama adalah forum (stream), komponen ini di gunakan untuk membuat pengumuman atau pemberitahuan kepada siswa, yaitu dengan mempostingnya di kelas yang di inginkan. Dalam komponen ini guru/dosen dan peserta didik dapat berdiskusi, memberi materi/bahan ajar yang dapat di upload/unggah di forum. Untuk memberikan tugas pun guru maupun dosen dapat mengunggahnya melalui komponen  forum ini.

Kedua adalah tugas kelas (class work), komponen ini berisi tempat untuk memberi tugas, daftar hadir, materi pembelajaran, bahkan evaluasi.

Ketiga adalah anggota, komponen google classroom yang berisikan anggota kelas yang terdaftar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun