Mohon tunggu...
Anthony Tjio
Anthony Tjio Mohon Tunggu... Administrasi - Retired physician

Penggemar dan penegak ketepatan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Tindakan yang Bisa Dilakukan dalam Kegawatan Reaksi Alergi Suntikan Vaksin Covid-19

19 Desember 2020   03:27 Diperbarui: 19 Desember 2020   10:37 1027 15 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tindakan yang Bisa Dilakukan dalam Kegawatan Reaksi Alergi Suntikan Vaksin Covid-19
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis calon vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). | Sumber: ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Suntikan vaksin Covid sudah di depan mata. 

Banyak yang meragukan vaksin Covid yang menggunakan cara pembikinan yang baru, dengan bahan genetika virus yang belum pernah teruji, belum terbuktikan aman setelah masuk di dalam tubuh kita, yang tidak mengetahui apa efek jangka panjangnya, setelah menerima suntikan tersebut. 

Namun sudah nyata ada berbagai efek samping yang segera timbul dari vaksin yang mempergunakan bahan genetika virus tersebut, terutama dari vaksin bikinan Pfizer, yang ternyata berpotensi yang sangat serius, yaitu reaksi alergi.

Reaksi alergi pada 2 tenaga medis yang timbul segera dalam beberapa menit setelah disuntikkan vaksin Pfizer kemarin hari di Alaska menyebabkan kegemparan yang sudah dilaporkan oleh segala media di dunia.

Kejadian reaksi efek samping dari vaksin Pfizer yang menggunakan bahan genetika virus sudah menumpuk, dalam jangka waktu sesingkat dikeluarkannya untuk umum, dari reaksi rasa kesakitan sampai peradangan urat syaraf sudah berkali-kali dilaporkan. 

Namun keseriusannya tetap ditekan oleh badan kesehatan Amerika, supaya bisa meneruskan vaksinasi kepada kebanyakan rakyatnya, upaya ujung jalan dalam penanganan Covid yang sudah sukar dikendalikannya di sana.

Reaksi alergi dari suntikan itu, lain. Karena bisa mematikan dalam seketika, ada pentingnya untuk dibicarakan di sini:

Tindakan apa yang bisa segera dilakukan, seandainya terjadi reaksi alergi setelah injeksi vaksin Covid?

Walaupun tidak banyak yang bisa dilakukan oleh diri kita yang bukan medis, tetapi masih harus berwaspada, ada jalan yang bisa segera dilaksanakan dalam kegawatan itu.

Ilustrasi penyutikan vkasin pada pasien| Sumber gambar: Reuters via www.straitstimes.com
Ilustrasi penyutikan vkasin pada pasien| Sumber gambar: Reuters via www.straitstimes.com
Reaksi alergi dari sesuatu suntikan walaupun sangat jarang terjadi, bisa mematikan dan jangan menunggu apakah bisa membaik sendiri.

Pertama-tama jadikanlah kebiasaan, setelah menerima sesuatu suntikan, segala suntikan, tunggulah sedikitnya 30 menit di rumah sakit maupun kantor praktik dokter yang memberi suntikan itu, jangan terus bertolak pulang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x