Mohon tunggu...
Anthony Farhan
Anthony Farhan Mohon Tunggu... KKN

....

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Mahasiswa dan Masyarakat dalam Menciptakan Lingkungan yang Sehat

4 Maret 2021   00:59 Diperbarui: 4 Maret 2021   01:00 150 2 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan  pengalaman empiris kepada mahasiswa untuk hidup ditengah - tengah masyarakat di luar kampus, serta mengajarkan  mahasiswa bagaimana cara mengidentifikasi masalah-masalah sosial kerakyatan .

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bagian dari program yang dilaksanakan oleh institusi pendidikan khususnya Universitas dimana mahasiswa daat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat untuk terjun langsung melihat permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat khususnya daerah-daerah tertinggal yang masih perlu dibina.

Terdapat tiga unsur penting yang terkandung, yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai kegiatan yang bermuatan pendidikan, KKN membawa mahasiswa peserta untuk berkenalan secara langsung dengan masyarakat dan permasalahannya, serta membantu mencari solusi dengan pendekatan interdisipliner. Sebagai kegiatan yang bermuatan penelitian, mahasiswa diajak melakukan pemahaman dan analisis potensi masyarakat ( dengan bantuan dosen pembimbing) sehingga mampu memberikan sumbangan pemikiran kritis atas solusinya. Sebagai kegiatan pengabdian masyarakat, KKN dapat menjadi wahana mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni bagi pemecahan masalah dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, KKN dapat dimaknai sebagai bentuk pengintegrasian kegiatan intrakurikuler pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara interdisipliner.

Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan betuk pengabdian nyata mahasiswa kepada masyarakat. Setelah mendapatkan materi perkuliahan yang senantiasa dapat berguna di dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Dalam kegiatan pengabdiannya pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman imu pengetahuan, teknologi, seni, dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat. Selain itu, pembenahan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang dilakukan serta menjadi program kerja bagi mahasiswa.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan mampu untuk mengikuti derap langkah pembangunan yang semakin dinamis untuk meningkatkan sumber daya manusia baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat dalam pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Kuliah Kerja Nyata sebagai suatu studi yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat guna mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

Tema yang di angkat pada program KKN 63 di RW 007 / 006 Cipadu jaya ini adalah “PERAN MAHASIWA UNIVERSITAS BUDI LUHUR DAN MASYARAKAT DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG SEHAT DI KELURAHAN CIPADU JAYA” dengan tujuan mewujudkan di wilayah Cipadu Jaya sebagai masyarakat yang paham mengenai kebersihan lingkungan serta pemanfaatan lingkungan tersebut yang berfokus pada anak-anak dan masyarakat di RW 007 serta masyarakat sekitar demi mensukseskan program kerja di wilayah Cipadu Jaya RW 007. 

Pelaksanaan KKN berlangsung selama satu bulan dengan 3 - 4  kali pertemuan di setiap pekan terhitung dari 25 Januari 2021 dan berakhir pada 25 Februari 2021.

Pekan pertama dalam program kerja pembuatan  Hidroponik ( Program Utama ), yang berupa media tanam berbahan dasar spons dan aliran air yang di sirkulasikan ke tanaman dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, yang perlu di kontrol setiap minggunya untuk memastikan kadar nutrisi tidak berkurang, selama KKN hidroponik dikelola bersama oleh mahasiswa serta warga, hingga nantinya setelah KKN selesai, warga yang akan meneruskan pengelolaan hidroponik agar bisa selalu dinikmati hasil dari tanamannya.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Pekan kedua dalam program kerja adalah pelaksaan pembuatan tempat cuci tangan & pembuatan tempat sampah (program utama) dengan tujuan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman serta menjaga kebersihan diri dari bahaya covid 19 yang sedang mewabah di Indonesia, diharapkan dengan adanya tempat cuci tangan dan tempat sampah yang layak, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin selama wabah covid 19 agar diri terhindar dari penyakit.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Kegiatan selanjutnya pada pekan ke tiga adalah Edukasi Covid 19 (program utama) kegiatan ini merupakan sosialisasi bahayanya covid19 dan bagaimana pencegahan serta penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar, dengan sasaran anak anak di sekitar lingkungan RW007/006 agar bisa mengerti dan mencegah penyebaran covid 19 yang sedang mewabah
Dokpri
Dokpri
Kegiatan pada pekan ke empat adalah kerja bakti sosial ( program penunjang ) dimana mahasiswa dan masyarakat saling bergotong royong untuk membersihkan lingkungan RT006 setelah terkena banjir  dibulan februari

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Demikian keseluruhan program kerja telah terselesaikan oleh kelompok KKN 63 di RW 007/006, Cipadu Jaya. Penutupan dilaksanakan pada pekan ke empat berupa acara yang mengundang Pak parno selaku Ketua RT 006, Pak sujo selaku Ketua RW 007 dan Pak suryadi selaku lurah Cipadu Jaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN