Mohon tunggu...
Ans Dawa
Ans Dawa Mohon Tunggu... Full Time Blogger - catatan pojok!

platform media online | KOMPAS GRAMEDIA

Selanjutnya

Tutup

Bola

PON Papua 2021: Dua Pesepakbola Asal Malaka Siap Bertarung Demi NTT

22 September 2021   14:09 Diperbarui: 22 September 2021   14:43 4314 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
PON Papua 2021: Dua Pesepakbola Asal Malaka Siap Bertarung Demi NTT
Messi Bria (4) dan Joshu (GK) ketika menjalani laga ujicoba melawan Sulut United. Foto: MB PON NTT

Berawal dari sepakbola antar kampung, kemudian menjuarai kompetisi El Tari Memorial Cup, kini dua pemain sepakbola asal Kabupaten Malaka,Yohanes Seran Klau (Joshu Seran) dan Siprianus Bria Nahak (Messi Bria) bakal menjajal rumput stadion Mandala, markas Persipura untuk bertarung mengharumkan nama NTT pada  kompetisi nasional, PON Papua 2021.

Joshu dan Messi berhasil menembus skuad PON NTT usai melewati beberapa tahapan seleksi selama masa persiapan. Keduanya kemudian masuk dalam daftar pemain utama yang dibawa coach Ricky Nelson menuju Papua. 

Sebelum melejit bersama tim sepakbola PON NTT, kedua pemain asal Malaka itu mengasah bakat bersama tim PS Malaka yang pada akhirnya berhasil mengangkat trofi ETMC pada tahun 2019. Jauh sebelum itu, Messi dan Joshu hanya berkelana di panggung sepakbola antar kampung menjajal turnamen lokal di sekitaran wilayah Malaka. 

Salah satu turnamen yang mengantar mereka sukses sebagai seorang pemain adalah Baptista Cup. Turnamen antar klub yang diselenggarakan di Besikama, Kecamatan Malaka Barat, kabupaten Malaka. 

Messi Bria berjibaku dengan pemain Sulut United. Sumber: Media PON NTT
Messi Bria berjibaku dengan pemain Sulut United. Sumber: Media PON NTT
Keduanya kemudia mendapat perhatian serius dari ketua ASKAB PSSI Malaka, Adrianus Bria Seran yang melihat adanya potensi besar dari kedua pemain tersebut. 

Joshu Seran yang berposisi sebagai penjaga gawang berhasil menembus skuad utama PS Malaka sejak tahun 2015 ketika ETMC berlangsung di Maumere. Sementara itu, center back Messi Bria memulai debutnya bersama PS Malaka ketika hajatan sepakbola terakbar NTT itu berlangsung di tanah Malaka. PS Malaka berhasil menjuarai ETMC 2019.

Potensi besar yang ditunjukkan kedua pemain asal Besikama itu mendapat perhatian serius dari seorang doktor olahraga terkemuka NTT. 

Jhoni Lumba adalah nama lain yang sukses mempersembahkan trofi ETMC untuk Malaka sebagai direktur teknik, juga yang berhasil memoles Messi dan Joshu hingga mengalami perkembangan pesat dalam bermain sepakbola. 

Tim Sepakbola PON NTT 2021. Sumber: Media Pos Kupang 
Tim Sepakbola PON NTT 2021. Sumber: Media Pos Kupang 

Kini Messi dan Joshu benar-benar menaruh konsentrasi penuh untuk memenangkan bendera kehormatan sepakbola NTT.

Tim sepakbola PON NTT tergabung di Grup A bersama tuan rumah Papua, Juara bertahan Jawa Barat, dan Maluku Utara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan