Mohon tunggu...
Andi Reza Pahlawan
Andi Reza Pahlawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone

Jangan pernah menyerah menggapai cita-cita..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pahlawan yang Sesungguhnya

30 Juni 2021   13:10 Diperbarui: 30 Juni 2021   14:09 168 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pahlawan yang Sesungguhnya
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Diwaktu kecil ketika kita ditanya tentang seperti apakah pahlawan itu, mungkin banyak yang memilih sosok Superman, Spiderman, dan tokoh superhero lainnya yang sering kita lihat di televisi. Tapi pahlawan sesungguhnya bagi saya adalah seorang guru.

Guru merupakan sosok pahlawan tanpa tanda jasa, bukan karena mereka tidak memiliki jasa tapi karena kita sebagai pelajar tidak bisa membalas jasanya. Jasa seorang guru sangat besar dan kerap kali tidak mendapatkan perhatian yang semestinya. Guru tidak kenal lelah untuk mengajar muridnya, mereka pasti menjalankan tugasnya dengan tulus, ikhlas, dan hati gembira.

Guru adalah peran penting dalam sebuah pendidikan, pendidikan tidak akan ada tanpa hadirnya sosok guru sebagai pengajar. Sebab guru merupakan pendidik yang bertanggung jawab memberi bimbingan anak didiknya disekolah untuk mencapai tingkat kedewasaannya. Menurut William Arthur Ward seorang penulis dari Amerika, "Guru biasa hanya bisa menceritakan. Guru yang baik mampu menjelaskan. Guru yang unggul mampu menunjukkan. Guru hebat bisa memberikan inspirasi."

Siswa yang berhasil itu tidak hanya ditentukan dengan kemampuan belajarnya. Banyak unsur lain yang bisa mewujudkan prestasinya itu. Namun, tidak banyak orang menyadari bahwa keberhasilan atau prestasi yang digapai pelajar sesungguhnya bukan murni hasil jerih payah pelajar itu sendiri, tetapi ada peran penting seorang guru disana, disamping peran signifikan dari orangtuanya. Intinya siswa yang hebat, tentu ada peran guru yang juga lebih hebat.

Saat mendengar kata guru mungkin yang terlintas dipikiran kita adalah sosok pengajar disekolah, tapi kata guru memiliki makna 'digugu dan ditiru' yang artinya contoh dan panutan. Dengan kata lain, menjadi guru adalah suatu pekerjaan yang mulia, yang bukan hanya dilihat dari cara mereka mengajar, tapi juga bagaimana mereka bisa menjadi teladan dan bagaimana mereka bisa menjadi inspirasi bagi para muridnya.

Akan tetapi dimasa lalu, guru itu bisa dibilang dipandang rendah oleh masyarakat, karena profesi ini dianggap memiliki gaji yang rendah sehingga belum mampu menunjang kebutuhan hidupnya kala itu. Tapi dimasa sekarang, setelah pemerintah membuat peraturan terkait profesi guru ini yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan guru dengan memberikan gaji dan tunjangan yang layak, kini profesi guru menjadi profesi yang makin diperebutkan.

Menjadi guru itu tidak mudah, banyak beban yang harus dipikul saat menjadi guru. Sebab guru hebat bukanlah guru yang sudah memiliki sertifikat profesional, tetapi guru hebat adalah guru yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan guru-guru lainnya. Guru harus bisa menyentuh hati para muridnya sehingga ia senantiasa dirindukan dan bisa mengabdikan dirinya secara totalitas serta menyadari bahwa mencerdaskan siswa merupakan kewajibannya.

Untuk teman-teman yang sedang berjuang dibangku sekolah maupun dibangku perkuliahan, tetap semangat untuk menggapai cita-citanya dan jangan lupa untuk menghargai jasa guru yang pernah membimbing dan mendidik kita, sebab tanpa jasanya kita bukanlah apa-apa. Saya mengutip suatu pesan dari referensi yang pernah saya baca yaitu "Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya yang bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang yang hebat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN