Mohon tunggu...
Ano suparno
Ano suparno Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Jalanan

FREELANCER Pernah di Trans TV sebagai Reporter, Kameraman lalu Kepala Biro TRANS. Sebelumnya, sebagai Stringer Tetap BBC London siaran Indonesia, reporter hingga Station Manager Smart FM Makassar. Setelah di Trans, saya mendirikan dan mengelolah TV Lokal sebagai Dirut. Sekarang Konsultan Media dan Personal Branding

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Saat Matahari Terbit Bersinar dari Tubuh JK

12 Mei 2022   15:01 Diperbarui: 19 Mei 2022   07:25 2085 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : Husain Abdullah, Jubir JK (Instagram)

Tak ada yang lebih viral di negeri ini selain kabar terbitnya anugerah tertinggi dari Negeri Matahari Terbit Jepang kepada putra yang lahir dari Timur Indonesia, HM Jusuf Kalla.

Sepak terjang Jusuf Kalla sejak dua kali sebagai Wakil Presiden RI dan sebagai pengusaha yang telah memberikan kontribusi positif bagi Jepang dan Indonesia menyebabkan KaisarJepang mengganjarnya gelar tertinggi, yang hanya diberikan kepada orang orang spesial bagi kekaiasaran dan pemerintahan Jepang.

Cukup lama saya menyimak arti penghargaan ini bagi Jusuf Kalla hendak mencari tau dari sisi mana tergapai rasa kekagumanku atas pengharaan ini. 

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini muncul, tentu wajar. Bukankah rangkaian anugerah atau penghargaan kerapkali disematkan pada tokoh tokoh di republik ini? Dan telah menjadi rahasia umum dibalik setiap penghargaan itu.

Tetapi apa yang menarik dari penghargaan untuk JK? Bukan sekadar sebab berasal dari Jepang. Pasti ada sesuatu yang menarik atas penghargaan ini apalagi doserahkan di altar Istana Kekaisaran Jepang. 

Bukan juga sekadar pada istilah "Grand Cordon of the order of the Rising Sun". Bukan ini. Lalu kemudian saya mencoba tracking kalimat ini "Grand Cordon of the order of the Rising Sun". Dan hanya sekejap mata google menyodorkan kepada saya tentang "Orde Matahari Terbit" dan Bunga Paulownia. 

Rupanya dari istilah itu lah history tentang "Grand Cordon of the order of the Rising Sun" lahir lalu diberikan kepada tokoh yang memiliki makna penting bagi pemerintahan Jepang.

JK menerima penghargaan itu bukan sekadar lambang penghargaan tertinggi dari negeri matahari terbit tetapi selendang yang disematkan pada lengan kanan JK adalah lencana yang memiliki nilai dan kultur bagi Jepang. Segala nilai, history, budaya dan etos kerja rakyat Jepang terpancar dalam setiap lekukan lencana, emas dan Bunga Paulownia yang melekat pada selendang. 

Pula terhadap isi piagam yang menyempurnakan lencana berselendang tersebut. Termasuk makna tentang Negeri Matahari Terbit, terpancar melalui lencana yang melekat pada tubuh Jusuf Kalla.

Sekiranya dari pemahaman itulah sehingga kekaguman saya atas penghargaan itu semakin dalam. Dan tentunya akan sangat bermakna bagi JK maupun bangsa Indonesia. Sebab setiap yang melekat pada selempang tersebut memiliki arti bagi kehidupan dan jiwa bangsa Jepang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan