Mohon tunggu...
Annisa Wulan Agus Utami
Annisa Wulan Agus Utami Mohon Tunggu... Dosen - Annisa

Annisa Wulan Agus Utami, Staff Pengajar Bidang Mikrobiologi Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Webinar Pembelajaran IPA tentang Keragaman Mikroba dan Aplikasinya dalam Kehidupan untuk Pembelajaran Daring

16 Oktober 2021   10:52 Diperbarui: 24 Oktober 2021   22:21 26 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran secara daring di masa Pandemi Covid-19 telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Surat Edaran  Mendikbud No. 04 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan  dalam  masa  darurat  penyebaran Corona  Virus  Disease (Covid-19). Surat  edaran  tersebut  berisi pernyataan bahwa  satuan  pendidikan  pada  daerah  zona  kuning,  oranye,  dan  merah  dilarang  melaksanakan  proses pembelajaran secara tatap muka dan tetap melaksanakan pembelajaran di rumah secara daring.

Kabupaten Bekasi sampai saat ini masih dalam keadaan zona merah sehingga pembelajaran dilakukan di rumah secara daring. Perubahan sistem pembelajaran luring menjadi daring memunculkan permasalahan  bagi siswa karena penyerapan materi sangat minimalis khususnya materi pembelajaran IPA keragaman mahluk hidup terutama mikroorganisme. Berdasarkan permasalahan tersebut makan Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui webinar Pembelajara IPA yang bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kabupaten Bekasi. 

Pada kegiatan pengabdian ini akan memberi informasi terkait pembelajaran IPA tentang Keragaman Mikroba di Lingkungan Rumah dan Aplikasinya dalam Kehidupan secara Daring dengan menggunakan strategi  dan  metode pembelajaran  yang  tepat melalui demontrasi atau virtual laboratory dan pembelajaran berbasis proyek.

Salah satu contoh proyek yang bisa dikerjakan di rumah yaitu tentang Mold Bread Experiment yang mengenalkan keragaman mikroba kapang pada media tumbuh roti yang bisa dilakukan di rumah dibawah pengawasan orang dewasa. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berjalan dengan baik dan lancar. Secara keseluruhan peserta puas dengan penyampaian materi, Peserta secara keseluruhan menilai materi yang disampaikan relevan dan telah sesuai dengan yang diharapkan, serta materi yang disampaikan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan