Mohon tunggu...
Annisa SilaPuspita
Annisa SilaPuspita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

hay you there

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Dusun Thekelan Menuju Desa Bebas Karbon

28 Oktober 2021   11:09 Diperbarui: 28 Oktober 2021   11:27 92 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Thekelan, Semarang (28/10)-Dusun Thekelan merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Batur, Kecamatan Kopeng, Kabupaten Semarang. Dusun ini merupakan wilayah inklaf atau wilayah yang letaknya dikelilingi dengan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Taman Nasional Gunung Merbabu merupakan kawasan hutan konservasi seluas 5.725 Ha. Letaknya di kaki Gunung Merbabu membuat aliran listrik yang mencapai dusun ini mengalami loss precentage yang cukup tinggi. Dengan memanfaatkan aliran air dan cahaya matahari, maka dapat dibuat suatu pembangkit listrik dengan teknologi sel surya dan mikrohidro. Selain itu, warga di Dusun Thekelan mayoritas masih menggunakan tungku kayu bakar untuk memasak. Kondisi ini tentu saja tidak ramah lingkungan karena pembakaran tersebut melepaskan karbon yang tinggi ke atmosfer. Pengembangan desa wisata melalui edukasi energi terbarukan merupakan strategi dalam memanfaatkan potensi alam sekitar Dusun Thekelan. Potensi energi terbarukan hingga saat ini belum tereksploitasi secara maksimal. Hal ini dikarenakan rendahnya pengetahuan, pendidikan, dan modal yang dimiliki oleh warga. Program IDBU ini diharapkan dapat memberikan transfer of knowledge dari aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan oleh Universitas Diponegoro kepada masyarakat.

Nah, ditahun 2021 ini yang merupakan tahun ke-3 dari rancangan program selama 3 tahun, tim pengabdian Universitas Diponegoro mengadakan beberapa kegiatan yang akan dijabarkan dibawah ini.

Pemasangan PJU yang Dilengkapi dengan Solar Cell

Pemasangan PJUS di lokasi Dusun Thekelan dilakukan pada bulan Oktober hingga Nopember. Kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tidak hanya dipengaruhi oleh kendaraan yang digunakan tetapi juga penerangan jalan umum yang disediakan oleh pemerintah setempat. Tidak bisa dipungkiri bahwa PJU adalah komponen yang dibutuhkan dalam menciptakan keamanan para pengguna jalan. PJUS merupakan penerangan jalan umum yang menggunakan tenaga surya, sehingga hemat penggunaan listrik yang juga akan menekan biaya penggunaan. Tak hanya itu, pemasangan PJUS di Dusun Thekelan bertujuan untuk navigasi pengguna jalan, keamanan dan keselamatan pengguna, memberi keuntungan komersial, dan keindahan lingkungan. Pemasangan PJUS di Dusun Thekelan diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan di malam hari.

Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Kotoran Kambing

Pembuatan POC dilakukan pada bulan Juni dan berlangsung hingga sekarang. Tujuan dari pembuatan POC ini yaitu untuk memanfaatkan urine kambing agar dapat diolah menjadi pupuk organik cair yang konsentratnya lebih mudah diserap oleh tanaman dan lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Keunggulan pupuk cair dari kotoran kambing adalah dapat membantu memperbaiki struktur tanah yang telah hilang, karena di dalam pupuk cair ini terkandung banyak unsur hara mikro yang jumlahnya lebih besar dari pada pupuk kimia. Dengan membuat sendiri pupuk organik cair tentu akan banyak menghemat pengeluaran dari sisi produksi. Bahan yang digunakan pun adalah bahan alami yang tidak mencemari lingkungan serta membawa residu yang berdampak negatif bagi konsumen.

messageimage-1634965370702-617a1fbd06310e11850a1412.jpg
messageimage-1634965370702-617a1fbd06310e11850a1412.jpg

Pembuatan Biodigester

Biodigester merupakan alat yang digunakan untuk mengubah limbah organik menjadi biogas. Pebuatan biodigester ini memerlukan waktu satu bulan yang berlangsung pada pertengahan bulan Oktober hingga pertengahan bulan Nopember. Warga Dusun Thekelan sangat antusias dalam kegiatan ini. Diharapkan kedepannya warga Dusun Thekelan dapat memanfaatkan dan mengembangkan biogas dari urine kambing menggunakan alat biodigester yang telah disediakan.

67168-617a201f06310e06841bcaa3.jpg
67168-617a201f06310e06841bcaa3.jpg

Pembuatan Green House

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan