Mohon tunggu...
Annisa ShafiraFuady
Annisa ShafiraFuady Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswa Pendidikan Kimia UNS angkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Pemahaman Warga Desa Kepandean akan Covid-19 Melalui KKN Relawan UNS

4 Juli 2020   23:21 Diperbarui: 4 Juli 2020   23:52 24 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingkatkan Pemahaman Warga Desa Kepandean akan Covid-19 Melalui KKN Relawan UNS
dok. pribadi

Selasa, 30 Juni 2020 merupakan hari terakhir pelaksanaan kegiatan KKN Era Covid-19 Universitas Sebelas Maret. Dibimbing oleh seorang dosen yang berasal dari jurusan sastra Inggris, bapak Dr. Tri Wiratno, M.A , saya pun menyelenggarakan KKN   di lingkungan sekitar rumah saya tepatnya Perumahan Bale Amartha, Desa Kepandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Pelaksanaan KKN yang mengusung tema Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19 ini diselenggarakan selama kurang lebih 35 hari dan berbasis online/ daring menggunakan media Whatsapp dan juga media sosial lainnya seperti Instagram.

Program kerja  yang dilaksanakan yaitu Sosialisasi pemahaman masyarakat terhadap covid-19 melalui sharing materi dan poster di grup whatsapp PKK Bale Amartha, Sosialisasi pemahaman Social distancing dan edukasi pembuatan masker kain,Edukasi pola hidup bersih dan sehat melalui sosialisasi pembuatan handwash dan pengadaan tempat cuci tangan di lingkungan sekitar perumahan, sosialisasi pembuatan dan penggunaan desinfektan sederhana, dan juga Edukasi kegiatan produktif dan tips-tips selama Work From Home.

Untuk kegiatan sosialisasi pemakaian masker dan PHBS juga dilaksanakan secara offline sembari pembagian masker kain dan pengadaan tempat cuci tangan di lingkungan perumahan seperti pada gambar di atas.

Dari hasil survey  awal yang dilakukan didapatkan bahwa dari 30 responden kurang lebih 50% nya masih belum paham  dan miskonsepsi terhadap Covid-19 ini.

Setelah diberi treatment berupa pembagian poster materi, video edukasi dan animasi pengetahuan-pengetahuan tentang covid-19 ini, diakhir kegiatan KKN juga dilaksanakan pengisian survey kembali dan hasilnya sekitar 28 orang atau 94% sudah lebih memahami perihal Covid-19 ini.

Tak hanya itu,kesadaran masyarakat akan pentingnya PHBS juga tercermin melalui pengadaan tempat cuci tangan di depan halaman rumah masing-masing.

VIDEO PILIHAN