Hybrid Learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan sistem pembelajaran daring atau tatap muka dengan pembelajaran secara online. Pembelajaran metode ini dilakukan dengan bergantian dimana mahasiswa akan dibagi perkelompoknya untuk melakukan Hybrid Learning. Pembelajaran metode ini dinilai efektif, namun tidak sepenuhnya karena mahasiswa hanya 50 persen belajar secara aktif tetapi dengan metode ini membantu mahasiswa dalam memahami materi atau pembelajaran yang diberikan.
Tidak hanya paham akan materi, mahasiswa juga dapat mampu bersosialisasi dengan organisasi, dosen, teman sebaya dan lingkungan kampus. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta telah menerapkan perkuliahan metode Hybrid dan memulai Pembelajaran tersebut pada bulan Desember 2021. Perkuliahan ini dilaksanakan luring selama dua kali seminggu dimana pembelajaran tersebut berupa praktikum dan pembelajaran teori dilaksanakan secara daring atau online.
Selama proses perkuliahan berlangsung cukup banyak materi yang bisa dipahami karena efektifitas pembelajaran. Interaksi sosial antara pengajar atau dosen dengan mahasiswa juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang membuat mahasiswa mampu memahami dan menguasai materi serta membuat mahasiswa berperan aktif selama proses pembelajaran. Adanya interaksi sosial secara langsung juga dapat membuat proses perkuliahan berlangsung secara aktif tanpa ada kendala seperti susah sinyal. Selain itu, membuat mentalitas mahasiswa sehat dan tidak jenuh karena hanya menatap layar dalam jangka waktu yang lama.
Proses kuliah Hybrid dilaksanakan dengan penuh semangat oleh mahasiswa. Dilakukan nya perkuliahan secara luring dengan melakukan praktikum seperti perkuliahan pada umumnya dan dilaksanakan daring untuk perkuliahan teori dan seminar. Pembagian proses perkuliahan ini cukup untuk membuat mahasiswa memahami materi. Karena jika perkuliahan dilaksanakan dengan metode online atau daring sepenuhnya membuat suasana perkuliahan terasa membosankan dan mentalitas mahasiswa menjadi tidak sehat.Â
Namun kuliah hybrid juga memiliki kelebihan yaitu, dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan mahasiswa, membuat perkuliahan lebih efektif dan fleksibel, mengurnagi klaster covid 19 karena perkuliahan dibagi menjadi 2 sehingga hanya setengah dari jumlah mahasiswa yang hadir untuk tatap muka.
Maka dari itu perkuliahan metode Hybrid yang diterapkan di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta cukup efektif untuk mahasiswa, meskipun belum sepenuhnya perkuliahan diterapkan secara tatap muka , perkuliahan yang dilakukan secara bergantian sudah mampu memberikan pemahaman yang efektif bagi mahasiswa. didalam perkuliahan pun tidak hanya pemahaman dalam materi saja perlu dilihat dari segi mentalitas mahasiswa dimana mahasiswa dapat berdiskusi, kerja sama dalam tim, dapat membentuk rasa percaya diri, kemandirian, dan dapat menerapkan ilmu kedalam kehidupan.