Gaya Hidup

Perkembangan Trend Fashion di Indonesia

21 Januari 2017   15:56 Diperbarui: 23 Januari 2017   15:08 28248 4 4
Perkembangan Trend Fashion di Indonesia
https://aceh.tribunnews.com/

Jika berbicara mengenai trend fashion di Indonesia, pastinya tidak terlepas dari nama-nama perancang busana dan juga peristiwa yang terjadi pada masa perkembangan trend fashion di Indonesia. Trend fashion merupakan mode pakaian atau perhiasan yang populer selama waktu tertentu. Istilah fashion sering digunakan dalam arti positif yaitu sebagai sinonim untuk glamour, keindahan dan gaya atau style yang terus mengalami perubahan dari masa ke masa. 

Selain itu, trend fashion juga berfungsi sebagai refleksi dari status sosial dan ekonomi yaitu fungsi yang menjelaskan tentang popularitas. Fashion atau mode semakin menjadi industri yang menguntungkan di dunia internasional sebagai akibat dari munculnya rumah-rumah mode terkenal di dunia dan majalah fashion.

Trend fashion sebagian besar didorong oleh perancang busana yang membuat dan menghasilkan pakaian. Dalam hal ini istilah Bisnis Fashion akan digunakan dalam arti bisnis yang berhubungan dengan pakaian modis atau pakaian sebagai industri kreatif yang diciptakan dan diproduksi oleh perancang busana.

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa karya perancang busana memiliki kontribusi besar untuk industri garmen, karena saat ini para pengusaha garmen akan perlu menggunakan keahlian para desainer untuk selalu up to date agar tidak ketinggalan dengan trend fashion yang lagi booming.

Awal perkembangan trend fashion di Indonesia, sangat dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia terutama Busana Korea yang sudah terjadi belakangan ini. Trend fashion di Indonesia telah berkembang dengan baik dalam sejarah. Sejak munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie.

Dalam perkembangan awalnya, trend fashion di Indonesia cenderung meniru gaya barat baik itu dalam bahan yang digunakan maupun dalam desain. Secara usia, orang tua di Indonesia umumnya lebih nyaman dengan kostum tradisional seperti kebaya, terutama untuk menghadiri acara khusus, berbeda dengan usia muda yang lebih sering tampil dengan mode gaya barat atau gaya busana korea. Sejak saat itu busana tradisional secara harmonis berkembang sama baiknya dengan desain gaya barat hingga saat ini.

Perkembangan trend fashion di Indonesia didorong oleh beberapa faktor yaitu Media Massa, Dunia Entertainment, Dunia Bisnis, dan Internet. Hal ini akan membuat para desainer lebih mudah mengakses dan mengetahui tentang trend fashion yang sedang populer untuk menciptakan variasi dalam fashion.

  • Media Massa

Tidak dapat dipungkiri dampak dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media massa selalu menyajikan informasi termasuk, informasi seputar dunia fashion. Melalui kedua media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada masyarakat dan itulah trend fashion yang harus diikuti. Masyarakat sudah tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara di televisi.

  • Dunia Entertainment

Dunia Entertainment merupakan salah satu faktor yang sangat besar dalam menyebarluaskan trend fashion kepada masyarakat. Para selebritas yang selalu muncul di berbagai media dan menjadi idola, selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum alam jika sang idola mengikuti trend fashion tertentu bahkan juga bisa menjadi trendsetter, pasti akan diikuti oleh masyarakat.yang menjadi penggemar mereka.

  • Bisnis

Dunia bisnis juga merupakan salah satu faktor berkembangnya trend fashion di Indonesia. Mengingat dari banyaknya permintaan di pasar terkait dengan trend fashion yang sedang berkembang. Demi mendapatkan keuntungan, para penjual berlomba memanfaatkan trend fashion yang sedang populer untuk menarik para pembeli. Dengan menambahkan imajinasi mereka dalam merancang busana, trend fashion akan dengan mudah berkembang luas. Ibarat bola salju, langkah ini juga diikuti oleh penjual busana yang lainnya.

  • Internet

Internet juga menjadi faktor penyebarluasan trend fashion. Tentu saja informasi mengenai trend fashion terbaru akan cepat menyebarluas di masyarakat

Pada tahun 2000-an banyak nama - nama baru yang muncul sebagai desainer berbakat di Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri dan gayanya yang independen yaitu seperti Sally Koeswanto, Tri Handoko dan Irsan. Sementara yang lain membuat desain yang mengadopsi gaya barat seperti Edward Hutabarat dan Anne Avantie, yang mendedikasikan kreasi mereka dengan mendesain kostum tradisional dengan nama ‘Blus Kebaya’ dan terdapat sentuhan modern. Dengan adanya kostum tersebut, membuat busana tradisional Indonesia terlahir kembali dan dicintai oleh kalangan muda sehingga mereka lebih menghargai seni tradisional.

Belakangan ini, sudah banyak media yang menyajikan beragam informasi menarik tentang dunia fashion di Indonesia. Perkembangan dunia fashion di Indonesia mengalami peningkatan di beberapa dekade terakhir. Hal ini didukung oleh berbagai sisi, baik itu dari sisi designer lokal yang kini semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor ritel yang ikut serta mengalami perkembangan pesat.

Dalam perkembangan dunia fashion, pihak yang memegang peran penting adalah APPMI ( Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia ) yang merupakan suatu pengaruh dalam perkembangan dunia fashion di Indonesia. Selain para pelaku APPMI, ada juga pihak - pihak yang bergerak dalam fashion retail dan eskpor. Mereka tentunya memiliki program tahunan, yaitu Fashion Tendance yang sudah diadakan sejak tahun 1993 hingga saat ini masih terus menjadi suatu acara festival tersendiri. Melalui Fashion Tendance biasanya akan menampilkan sebuah fashion show, dimana acara tersebut akan menampilkan prediksi trend fashion di tahun yang akan datang.

Jenis fashion yang paling cepat perkembangannya di dunia fashion yaitu adalah baju, karena baju lebih cepat pergantian modelnya dan juga merupakan item yang paling banyak dibeli oleh masyarakat di bandingkan dengan produk lainnya. Peringkat selanjutnya diikuti oleh tas, dan sepatu. Setiap orang tentunya memiliki pilihan baju lebih banyak di bandingkan tas dan sepatu.

Di tahun 2017 ini, pasti trend fashion akan terus berganti dan berkembang. Menurut beberapa ahli terkait fashion, mereka memprediksikan fashion yang akan booming di tahun 2017 yaitu seperti Adroit, Aliance, Veracious, dan BIometics.

  • Adroit adalah trend fashion yang merupakan pakaian celana pendek dengan warna yang mencolok seperti warna orange, biru, ungu, dan putih polos. Model ini banyak digemari oleh para remaja jaman sekarang, karena warnanya yang menarik dan juga mencolok.
  • Trend fashion yang diprediksi akan paling banyak digemari ditahun 2017 ini adalah Aliance. Model dari fashion ini umumnya warna polos dan model simple dengan konsep membawa pakaian adat tradisional dari beberapa daerah. Model fashion ini juga cocok digunakan untuk gaun atau baju pengantin dan juga baju pesta.
  • Veracious merupakan trend fashion yang mengusung soal baju primitive atau tradisional dengan unsur yang monoton dan juga tidak terlalu ramai dengan hiasan atau pernak-pernik. Model fashion ini dapat diaplikasikan dengan mencari baju tradisional daerah dan dipadukan dengan warna – warna pastel maupun warna – warna yang cerah.
  • Biometics adalah trend fashion yang mengusung warna hijau atau hijau lumut, karena trend fashion ini mendukung untuk gerakan bumi hijau. Model fashion dengan konsep biometics umumnya simple dan lebih banyak model kaos baik oblong maupun polo shirt.

sumber:

https://asti46.wordpress.com/artikel-terkait/perkembangan-trend-fashion-indonesia/

https://serba-serbi-dunia-fashion.weebly.com/perkembangan-dunia-fashion.html

https://indonesiana.tempo.co/read/89711/2016/09/21/jaketpesan/prediksi-trend-fashion-2017

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2