Mohon tunggu...
Annisa IffahSahira
Annisa IffahSahira Mohon Tunggu... Pelajar

saya adalah seorang pelajar

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Cek Oli Mobil

24 Februari 2021   11:53 Diperbarui: 24 Februari 2021   12:02 22 2 0 Mohon Tunggu...

Udah siap buat Long weekend ? Hayu Jangan lupa buat cek oli mobil anda ya,mudah kok cara mengecek nya selain memangil orang bengkel bisa juga kita mengecek dilakukan sendiri. Oli memiliki fungsi penting sebagai pelumnas untuk seluruh komponen kendaraan agar bisa bekerja dengan baik dan tahan lama. Walaupun tanpa oli mobil juga masih dapat digunakan namun tanpa oli mesin akan membuat seluruh komponen mesin cepat rusak dan mesin akan menjadi macet.

Mengganti oli mobil menjadi sangat penting, karena ada beberapa faktor yang harus oli mesin kendaraan diganti secara rutin, di antaranya yaitu adanya interaksi oli dengan udara, air, dan temperatur mesin yang panas.

Yang dimana, panas dan udara yang ada di dalam mesin akan menurunkan kinerja oli mobil.

Sementara, air sendiri merupakan hasil dari pengembunan yang terjadi pada mesin, akibat suhu dalam mesin menjadi rendah, selama kendaraan tidak digunakan dan dibiarkan semalaman.

Maka disitulah, jika oli tidak diganti secara rutin, maka performa kendaraan menjadi kurang baik dan kinerja mesin pun akan semakin menurun.

Cara Cek Oli Mobil

Cara cek kondisi oli mobil itu sangat mudah. anda cuma perlu mencari dipstick untuk bisa melihat kondisi oli mobil dengan jelas.

Atau cara mudahnya, kamu bisa mengetahui kondisi oli mobil dalam keadaan baik atau tidak, dari lampu indikator.

Setelah kunci kontak di ON-kan, maka lampu indikator secara otomatis akan menyala. Namun, Jika setelah di starter lampu indikator mati, itu bertanda oli mesin masih ada dan kondisinya masih baik.

Berbeda keadaannya jika lampu indikator terus menyala atau mati-menyala, maka itu tandanya oli tinggal sedikit atau terjadi gangguan pada mesin.

karena itu, kamu perlu melakukan pemeriksaan kondisi oli mobil, dengan melakukan beberapa cara cek kondisi dan volume oli mobil berikut ini.

  • Lakukan pengecekan pada saat kondisi mesin dingin
  • Parkir mobil di permukaan yang datar
  • Buka kap mobil
  • Temukan dipstick atau tongkat pengukur oli, yang biasanya terletak di bagian atas mesin
  • Sediakan tisu atau kain yang sudah tidak terpakai
  • Tarik dipstick dari lubangnya, lalu bersihkan pakai tisu atau kain yang sudah disediakan
  • Kemudian, celupkan kembali dipstick ke dalam lubang, lalu tarik kembali
  • Lihat warna oli yang ada pada dipstick. Apabila warna oli terlalu gelap, maka oli sudah kotor dan harus diganti
  • Sementara jika oli berwarna kuning kehijauan, maka oli masih dalam keadaan baik
  • Untuk oli yang kotor, sebelum melakukan penggantian, kamu bisa cocokkan terlebih dahulu dengan jadwal penggantian oli. Apabila jadwalnya masih lama, maka ada msaalah pada mesin yang menyebabkan oli cepat kotor.
  • Setelah proses pengecekan kondisi oli selesai, bersihkan dipstick dengan tisu atau kain, lalu masukkan kembali dipstick ke dalam lubang dengan benar, lalu tutup kap mobil.

VIDEO PILIHAN